get app
inews
Aa Read Next : Pendaftaran Jalur Mandiri Unair, Cek Disini!

Club A380 Bagikan Tips Pentingnya Peran Orang Tua Murid di Seleksi Masuk Perguruan Tinggi Negeri

Kamis, 02 Mei 2024 | 17:54 WIB
header img
Club A380 saat mengunjungi Universitas Sebelas Maret (UNS) di Surakarta, Jawa Tengah. Foto/Club A380

SURABAYA, iNewsSurabaya.id - Lolos dalam seleksi penerimaan Perguruan Tinggi Negeri (PTN) adalah impian sebagian besar pelajar saat ini. 

Hingga tahun 2024, ada tiga jalur penerimaan mahasiswa baru PTN, yaitu melalui jalur prestasi atau Seleksi Mahasiswa Baru Polinela (SMBP), jalur ujian atau Seleksi Nasional Berbasis Tes (SNBT), dan terakhir jalur seleksi mandiri yang disesuaikan dengan kebijakan masing-masing PTN.

Dengan beragamnya jalur penerimaan mahasiswa baru di PTN, peran orang tua dalam mendampingi anak dalam memilih jurusan, menentukan PTN yang dituju, hingga mempersiapkan ujian masuk PTN berpengaruh besar terhadap potensi keberhasilan.

Menyikapi hal tersebut, sekelompok orang tua di bilangan Cibubur Bekasi berinisiatif membentuk suatu Klub yang terdiri dari 22 pelajar kelas XI SMA beserta orang tuanya yang diberi nama Club A380. Klub ini turut mengajak Agung Usadi yang merupakan ahli berstrategi untuk pemilihan PTN bagi pelajar. 

“Mempersiapkan anak untuk melanjutkan pendidikan di PTN tidak bisa dilakukan dengan tiba-tiba, tetapi memang harus dipersiapkan sedini mungkin, bahkan sejak awal kelas X. Akan tetapi tak banyak orang tua yang menyadari hal tersebut,” jelas Agung Usadi.

Koordinator Club A380, Ria Asrin menuturkan bahwa pihaknya sebagai orang tua dari 22 pelajar sepakat membentuk klub ini dengan tujuan agar seluruh anggota klub dapat diterima di PTN.

"Tentunya dengan menjalankan program kerja yang komprehensif dan dibantu oleh orang tua anggota klub yang juga alumni PTN ternama. Salah satu program kami adalah mengujungi secara langsung PTN yang akan dituju anak-anak kami agar mendapatkan ikatan rasa antara calon mahasiswa dan PTN tersebut,” tuturnya.

Orang tua murid alumni Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) berjibaku untuk mendapatkan slot waktu pejabat ITS. 

Editor : Ali Masduki

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut