get app
inews
Aa Read Next : BJTI Perluas Area Lapangan Penumpukan Petikemas

25 Tahun Perjalanan PT Terminal Petikemas Surabaya

Sabtu, 04 Mei 2024 | 10:29 WIB
header img
Selama 25 tahun perjalanan TPS, banyak milestones atau tonggak sejarah serta tantangan yang ditempuh dan berhasil dihadapi oleh perusahaan. Foto/TPS

SURABAYA, iNewsSurabaya.id – Tahun 2024, menjadi memontum perjalanan 25 tahun PT Terminal Petikemas Surabaya (TPS). Anak usaha dari Pelindo Terminal Petikemas, yang berdiri sejak tanggal 29 April 1999, mengusung tema JUARA untuk memaknai perjalanan seperempat abadnya. 

Bukan bermaksud untuk jumawa, tapi tema ini menjadi manifesto tentang perjalanan, langkah serta tujuan TPS menyongsong masa depan. Tema JUARA merupakan akronim dari Journey to Unleash Adaptability, and Resilient for higher Achievement. 

Perjalanan TPS akan terus berlanjut, beradaptasi dalam berbagai situasi dan tantangan, untuk menjadikan TPS tangguh guna pencapaian yang lebih tinggi.

Selama 25 tahun perjalanan TPS, banyak milestones atau tonggak sejarah serta tantangan yang ditempuh dan berhasil dihadapi oleh perusahaan. Setiap milestones tersebut telah membawa TPS sampai pada titik saat ini, menjadi salah satu pemeran penting logistik nasional dan juga internasional.

Di saat awal pengoperasian bersama mitra strategis Pelindo III, yang mana saat itu Pelindo III merupakan pemagang saham mayoritas di perusahaan, arus petikemas (throughput) yang ditangani TPS sebesar 891.429 TEU’s. 

Pada tahun 2004 untuk pertama kalinya TPS berhasil mencapai throughput di atas 1 juta TEU’s, yaitu sebesar 1.078.544 TEU’s, dan terus bertambah hingga saat ini berada di kisaran 1.4 juta TEU’s. 

Mengunakan sistem operasional berbasis mainframe bernama SIPMAS yang masih semi manual, yang kemudian pada tahun 2000 bertransformasi menggunakan TOP O TOP X yang berbasis Windows.

Menguatkan sistem layanan operasional, TPS juga melakukan beberapa pengembangan sistem yang kesemuanya bertujuan untuk memudahkan dan mempercepat layanan, antara lain dengan mengurangi Port Stay dan Cargo Stay. 

Beberapa transformasi bisnis yang dilakukan TPS adalah Gate Automation, Behandle Management, Integrasi dengan National Single Window (NSW), layanan kereta api, dan layanan Container Damage Report (CDR) Online, dan Layanan Fumigasi dan Pemeriksaan Kulit Mentah garaman. 

Langkah penyelarasan sebagai Anak Perusahaan Pelindo Terminal Petikemas, dilakukan sebagai pengembangan berkelanjutan dalam rangka peningkatan layanan melalui standarisasi layanan berbasis planning and control.

Tidak hanya fokus pada layanan operasional yang menjadi core perusahaan, TPS juga melakukan penataan sistem pembayaran berbasis digital online guna menjamin transparansi dan penerapan GCG di perusahaan. 

Editor : Ali Masduki

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut