Di tahun 2013 TPS melakukan pengembangan sistem pembayaran e-payment yang disebut Fastpay (Fast, Accurate, Secure and Traceable Payment System).
Sistem pembayaran e-payment ini dilakukan guna memberikan kemudahan bagi pengguna jasa kepelabuhanan dalam melakukan pembayaran dan pada 1 Mei 2017, sistem tersebut telah diberlakukan secara penuh
Pengembangan layanan operasional kembali dilakukan melalui Clique 247 dan Web Access nya pada tahun 2019. Pelanggan TPS dapat melakukan booking atau transaksi secara online dimanapun dan kapanpun.
TPS juga menyediakan Customer Service yang bekerja selama 24 jam dan 7 hari untuk melayani keluhan Customer jika mengalami kendala pada saat transaksi atau booking.
Perkembangan bisnis tentunya harus berjalan beriringan dengan tanggungjawab sosial perusahaan. Tanggung jawab yang mencakup tiga konsep Utama, yaitu Environmental (Lingkungan), Social (Sosial), dan Governance (Tata Kelola Perusahaan).
Untuk konsep lingkungan, beberapa langkah telah dilakukan TPS, untuk mengurangi emisi karbon, antara lain dengan pemasangan panel surya di beberapa titik di lokasi perusahaan yang dilakukan mulai tahun 2012 dan berlanjut hingga tahun 2021.
Sementara elektifikasi peralatan juga telah dilakukan dimulai pada tahun 2016 untuk peralatan Container Crane (CC) dan saat ini masih berlangsung proses elektrifikasi untuk Rubber Tyred Gantry (RTG).
Penanaman mangrove di area pelabuhan dilakukan pada tahun 2010. TPS tidak hanya menyediakan habitat bagi berbagai spesies laut, tetapi juga untuk menjaga keseimbangan ekosistem pantai dengan menahan erosi tanah, menyediakan lindungan dari badai, serta menyaring polutan dari air laut.
Saat ini hutan mangrove di area TPS tumbuh subur dan bahkan TPS telah membuat pembibitan mangrove, yang bibitnya dapat dimanfaatkan oleh siapapun yang memerlukan guna mendukung gerakan penghijauan dan lingkungan.
Area dalam wilayah kerja yang selama ini tidak produktif, telah dijadikan area hijau dengan dilakukannya penanaman 1000 pohon buah.
Peningkatkan kesehatan masyarakat, sebagai wujud konsep sosial penerapan ESG di perusahaan, terutama dalam penurunan angka stunting di kota Surabaya, juga menjadi fokus TPS.
Program Balita Asuh TPS adalah bentuk upaya yang dilakukan untuk menuntaskan angka stunting di Kecamatan Krembangan yang merupakan area ring satu TPS.
Penyediaan sarana dan kemudahan akses untuk mendapatkan air bersih serta sarana MCK menjadi menjadi salah satu bentuk perhatian TPS kepada masyarakat untuk meningkatan kesehatan dan sanitasi.
Komitmen TPS untuk menciptakan area Pelabuhan yang bersih dari praktek pungli terlihat dari gencarnya kampanye pelabuhan bersih serta penerapan Kebijakan dan Pedoman Tata Kelola Perusahaan yang Baik.
Sejak pendiriannya, TPS teguh dengan komitmen penerapan tata kelola yang kemudian di kuatkan kembali Permen BUMN pada tahun 2020.
Rangkaian kegiatan perayaan ulang tahun ke 25 TPS diawali dengan acara Lomba Menghias Kue Tart yang diikuti oleh Pekerja Perempuan TPS bersama para Bunda dari Balita Asuh TPS.
Dalam kegiatan ini juga di adakan penyuluhan dokter spesialis anak sebagai bentuk edukasi bagi para Ibu berkaitan dengan pola makan anak dan kiat menghadapi anak yang sulit makan.
Dilanjutkan dengan kegiatan Fun Trekking pada hari Sabtu, 27 April 2024 yang melibatkan para stakeholder instansi terkait seperti Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan Tanjung Perak, Bea dan Cukai, Mitra Perbankan serta Mitra Kerja yang selama ini telah mensupport kegiatan operasional TPS.
Kegiatan ini dilakukan di Kebun Raya Purwodadi dan dilakukan penanaman 100 pohon, yang selain bertujuan untuk penghijauan juga untuk mengajak stakerholder TPS untuk bersama-sama lebih peduli pada lingkungan.
Editor : Ali Masduki