get app
inews
Aa Read Next : Lantik Wakil Rektor dan Pejabat Struktural Periode 2024-2029, Rektor UWP Singgung Skandal Guru Besar

Kemendikbudristek Terima Laporan Gelar Guru Besar di Jatim Bermasalah, Diduga Langgar Etika Akademik

Senin, 13 Mei 2024 | 08:51 WIB
header img
Kemendikbudristek Terima Laporan Gelar Guru Besar di Jatim Bermasalah. Foto iNewsSurabaya/tangkap layar

SURABAYA, iNewsSurabaya.id - Kabar mengejutkan muncul dari dunia pendidikan di Indonesia. Kementerian Pendidikan, Kebudayaan Riset dan Teknologi (Kemendikbudristek) telah menerima 7.598 usulan guru besar (Gubes), jumlah usulan tersebut tak bisa loloskan karena adanya pelanggaran. 

Tak tanggung-tanggung, sebanyak 64 persen ditolak dengan berbagai alasan, salah satunya ada pelanggaran etika akademik yang dilakukan pemohon guru besar. Bahkan disinyalir ada yang ketahuan menggunakan joki untuk lolos sebagai guru besar, atau Profesor. Bentuk-bentuk praktek joki adanya peran tim untuk meloloskan Jurnal discontinuance. 

Rektor Universitas W.R. Supratman Surabaya, Dr. H Bachrul Amiq, S.H., M.H mengatakan, secara prosedur untuk mendapatkan gelar Profesor cukup sulit dengan ketentuan-ketentuan yang ditetapkan oleh pemerintah. 

"Panjang mas prosesnya, tidak semua dosen mampu memenuhi kebutuhan persyaratan yang ditentukan," katanya. 

Diantara ketentuan yang harus dipenuhi adalah pendidikan atau gelar, kemudian riset atau penelitian dan pengabdian yang harus dilakukan oleh dosen bersangkutan. Jadi, persyaratan ini harus standar yang dibutuhkan. 

Begitu juga dengan publikasi, ujarnya, tidak semua bisa dilakukan. Publikasi internasional ada ketentuan khusus yang harus dilalui, jika tidak standar pengajuan gelar Profesor tidak akan bisa diperoleh. "Pendidikan, penelitian dan pengabdian itu dasarnya," ungkap Amiq. 

Sementara itu, salah satu Rektor di Jawa Timur mengungkapkan, gelar Profesor atau Guru Besar di Indonesia tidak murni bisa dicapai atas kualitas dosen yang mengajukan. Banyak juga diantara Profesor-profesor yang ada menggunakan jasa pihak ketiga, misalnya publikasi internasional. 

"Kan aneh juga, dalam setahun ada tiga riset yang dipublikasikan internasional. Idealnya kan dua, aneh kalau ada yang tiga, belum lagi publikasi internasional yang menggunakan salah satu negara," katanya. 

Disisi lain, Direktur Sumber Daya Kemendikbudristek Mohammad Sofwan Effendi, Selasa (24/1/2023) pernah mengatakan, ada sejumlah faktor yang menyebabkan pengajuan guru besar ini ditolak, di antaranya karena jurnalnya tidak bagus, relevansi keilmuannya tidak cocok, pelanggaran etika akademik, dan sisanya berkaitan karena masalah administrasi.

Editor : Arif Ardliyanto

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut