get app
inews
Aa Read Next : PT PAL Indonesia Segera Lakukan Ceremony Kedua Proyek Ekspor Kapal Perang Filipina

Overhaul Tuntas, KRI Cakra-401 Kembali Jaga NKRI

Senin, 21 Februari 2022 | 12:56 WIB
header img
KRI Cakra-401 sudah siap kembali menjaga kedaulan NKRI. (Foto: Dok PAL)

SURABAYA, iNews.id - Kapal selam diesel-electric tipe U209/1300 KRI Cakra-401 sudah siap kembali menjaga kedaulan NKRI. 

Kesiapan itu setelah dilakukan serangkaian uji coba (HAT & SAT), dan Commodore Inspection untuk meninjau kesesuaian dan kelaikan hasil dari overhaul (OVH) atau perbaikan menyeluruh pada kapal selam KRI Cakra-401

Ketua Tim Commodore Inspection (CI), Laksma TNI Wasis Priyono, mengaku puas dengan hasil overhaul kapal selam buatan Howaldtswerke-Deutsche Werft (HDW) Kiel-Jerman tersebut. 

"Kemampuannya telah mencapai indikator kelaikan operasi. Pencapaian Overhaul KRI Cakra begitu membanggakan, dimana terdapat kepercayaan tinggi untuk mencapai kedalaman diatas 200 meter," ungkapnya.

Dalam overhaul KRI Cakra-401 terdapat banyak penyempurnaan, baik berupa penggantian baru maupun perbaikan secara menyeluruh terhadap komponen. 

Seperti badan tekan/pressure hull, sistem mekanik & elektrik, sensor & navigasi, serta sistem senjata secara detail. Hal ini dilakukan sebagai bentuk upaya untuk mencapai performa maksimal.

CEO PAL Kaharuddin Djenod menyampaikan. overhaul kapal selam ini memiliki nilai yang sangat strategis bagi PT PAL.  

"Meski kini kita berada ditengah pandemi Covid-19, yang menyebabkan asistensi perbaikan oleh DSME dan tenaga ahli asing secara virtual, hal tersebut memaksa PAL untuk melakukan overhaul secara mandiri," terangnya.

Kaharuddin menyebut, hal itu menjadi berkah bagi PT PAL, karena diberi kesempatan untuk memiliki pengalamanan setara 35% seperti membangun kapal selam baru. 

"Dengan keberhasilan overhaul ini PAL setidaknya sudah menguasai 65% proses pembangunan kapal selam baru, baik dari desain maupun penguasaan teknologinya," kata dia usai serahterima  KRI Cakra-401.

Editor : Ali Masduki

Follow Berita iNews Surabaya di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut