get app
inews
Aa Read Next : Kantor di Surabaya Punya Sistem Absen Unik Viral, Pegawai Foto Absensi Sesuai Tema

Qomarul Lailiah Guru SD Sawunggaling 1 Surabaya Jadi Wasit Bulu Tangkis di Olimpiade Paris 2024

Selasa, 11 Juni 2024 | 17:48 WIB
header img
Qomarul Lailiah, atau Lia, kembali menorehkan prestasi membanggakan dengan terpilih sebagai salah satu wasit bulu tangkis di Olimpiade Paris 2024. Foto: Ist

JAKARTA, iNewsSurabaya.id  – Qomarul Lailiah, atau Lia, kembali menorehkan prestasi membanggakan dengan terpilih sebagai salah satu wasit bulu tangkis di Olimpiade Paris 2024. Ini merupakan kali kedua ia dipercaya menjadi pengadil lapangan di Olimpiade, setelah sebelumnya bertugas di Olimpiade Tokyo 2020.

Pencapaian gemilang Lia ini tak lepas dari kerja keras dan dedikasinya dalam dunia perwasitan bulu tangkis. Ia tak hanya memiliki sertifikasi BWF, tetapi juga aktif memimpin berbagai pertandingan selama bertahun-tahun.

Di Olimpiade Paris 2024, Lia tak hanya akan menorehkan sejarah sebagai wasit wanita asal Indonesia, tetapi juga menjadi bagian dari upaya BWF untuk mewujudkan kesetaraan gender dalam dunia perwasitan.

"Di bulu tangkis, syarat utama adalah sertifikasi BWF. Kemudian, kami harus aktif memimpin pertandingan, minimal dalam kurun waktu satu tahun," jelas Lia kepada awak media.

"Faktor ketiga adalah kesetaraan gender. Wasit wanita di dunia ini masih tergolong jarang, jumlahnya bahkan tidak mencapai 50 persen. Jadi, BWF memprioritaskan wasit wanita untuk memenuhi kuota minimal 30 persen," tambahnya.

Editor : Vitrianda Hilba SiregarEditor Jakarta

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut