get app
inews
Aa Read Next : Puteri Indonesia Persahabatan 2002 dan Suaminya Jalani Sidang di PN Surabaya, Ini Kasusnya!

Sidang Robert Simangunsong di PN Surabaya, Advokat Aris Eko Prasetyo Hadir Sebagai Saksi

Selasa, 02 Juli 2024 | 05:20 WIB
header img
Sidang Robert Simangunsong di PN Surabaya. Foto iNewsSurabaya/ilyas

Kasus ini bermula dari perkara kepailitan di PT. Pelayaran Wahana Gemilang Samudera Raya yang diajukan gugatan PKPU di Pengadilan Negeri Surabaya. Robert Simangunsong bertindak sebagai kuasa Debitur, sementara Thio Trio Susantono menjadi kurator. Pada 16 Februari 2021, Robert mengirim surat kepada Thio, meminta daftar tagihan hutang kliennya. Perselisihan antara keduanya pun terjadi, terutama mengenai gelar akademik yang digunakan Robert.

Merasa curiga, Thio melakukan penyelidikan lebih lanjut tentang gelar akademik Robert. Berdasarkan informasi dari relasinya, diketahui bahwa Robert adalah mahasiswa aktif program Magister Hukum di Universitas Pelita Harapan, Surabaya. Informasi ini dikonfirmasi oleh universitas dan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Riset dan Teknologi.

Meskipun telah ada klarifikasi dari pihak universitas, Thio masih meragukan keabsahan gelar yang digunakan Robert. Akhirnya, Thio melaporkan kasus ini ke Ditreskrimsus Polda Jatim. Terdakwa kini diancam pidana berdasarkan Pasal 93 Jo Pasal 28 ayat (7) Undang-Undang Nomor 12 Tahun 2012 tentang Pendidikan Tinggi.

Sidang lanjutan kasus ini akan semakin menarik untuk diikuti, mengingat berbagai bukti dan saksi yang dihadirkan untuk memperjelas kebenaran dari tuduhan yang dialamatkan kepada Robert Simangunsong.

Editor : Arif Ardliyanto

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut