get app
inews
Aa Read Next : Konser Spektakuler Guncang Unesa, Dewa 19 Jadi Magnet Utama

Transformasi Pendidikan, UNESA Gelar Pelatihan Ekoliterasi di SMAN 12 Surabaya

Sabtu, 06 Juli 2024 | 12:14 WIB
header img
UNESA Gelar Pelatihan Ekoliterasi di SMAN 12 Surabaya. Foto iNewsSurabaya/hendro

SURABAYA, iNewsSurabaya.id - Tim Dosen Program Studi Sastra Inggris Fakultas Bahasa dan Seni (FBS) Universitas Negeri Surabaya (UNESA) menggelar pelatihan ekoliterasi yang memikat di SMAN 12 Surabaya. Acara yang berlangsung selama tiga hari, dari 22 hingga 24 Juni 2024, ini mengusung tema "Media Bahan Ajar Berbasis Ekoliterasi", dipimpin oleh Dr. Much. Khoiri, M.Si., seorang pakar di bidang literasi lingkungan.

Dalam pelatihan ini, Dr. Khoiri bersama timnya yang terdiri dari Dr. Dian Rivia Himmawati, S.S., M.Hum, Dr. Ali Mustofa, S.S., M.Pd, Lisetyo Ariyanti, S.S., M.Pd, Dwi Nur Cahyani Sri Kusumaningtyas, S.S., M.Hum, dan Adam Damanhuri, S.S., M.Hum, memberikan pengetahuan mendalam mengenai pentingnya ekoliterasi dalam pendidikan. Mereka memaparkan perbedaan mendasar antara bahan ajar dan buku ajar, serta bagaimana keduanya dapat digunakan secara efektif dalam proses belajar mengajar.

"Program ini bertujuan untuk meningkatkan kompetensi guru di SMAN 12 dan kami siap memberikan pelatihan menulis buku secara gratis untuk para guru," ujar Dr. Khoiri pada Selasa, 2 Juli 2024. 

Pernyataan ini menunjukkan komitmen kuat UNESA dalam memajukan pendidikan melalui peningkatan kapasitas tenaga pengajar.

Dr. Khoiri menegaskan, bahan ajar berperan penting sebagai pedoman bagi guru dan siswa, serta alat evaluasi pencapaian belajar. Ia memperkenalkan konsep ekoliterasi, yang mengajarkan pemahaman tentang hubungan organisme hidup dengan lingkungannya, serta dampak interaksi manusia terhadap keberlanjutan ekosistem.

Editor : Arif Ardliyanto

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut