get app
inews
Aa Read Next : Kolaborasi Dosen dan Mahasiswa UWP, Ciptakan Teknologi Modern untuk Usaha Kripik Pisang di Surabaya

Jaga Reputasi Akademik, UWP Surabaya Dorong Akreditasi Jurnal, Begini Pernyataan Rektor

Selasa, 09 Juli 2024 | 05:12 WIB
header img
UWP Surabaya Dorong Akreditasi Jurnal untuk menjaga reputasi akademik. Foto iNewsSurabaya/ust

SURABAYA, iNewsSurabaya.id - Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat Universitas Wijaya Putra (LPPM UWP) menggelar rapat koordinasi pengusulan akreditasi jurnal pada Senin, 08 Juli 2024, bertempat di Gedung E2 UWP Kampus Benowo. 

Acara dimulai dengan sambutan dari Ketua LPPM-UWP, Dr. Nugroho Mardi Wibowo, S.E., M.Si., yang menekankan pentingnya kegiatan ini sebagai langkah strategis LPPM-UWP dalam mendampingi pengelola jurnal agar meraih akreditasi SINTA. 

"Keberadaan jurnal-jurnal terakreditasi dapat meningkatkan klasterisasi serta reputasi akademik universitas, sekaligus mengakomodir luaran penelitian yang ditulis mahasiswa dan dosen," ujarnya.

Acara ini diwarnai oleh pemaparan kisah sukses dari dua editor in chief yang telah berhasil membawa jurnal mereka lolos akreditasi SINTA yakni Muzakki, M.SM., CPHCM dari Jurnal IMKA dan Nur Irmayanti, S.Psi., M.Psi. dari Jurnal Psikowipa. 

Muzakki menyampaikan materi bertajuk "Suksesi dalam Mengelola Jurnal," di mana ia menekankan pentingnya pembentukan tim editorial yang kompeten sebagai langkah awal pembentukan jurnal. 

"Editorial terdiri dari editor in chief, associate editor, dan reviewers. Proses artikel harus berjalan sesuai mekanisme peninjauan dan penyuntingan untuk memenuhi standar kualitas tinggi," jelasnya. 

Muzakki juga menambahkan bahwa seluruh aktivitas artikel di jurnal tercatat di OJS, yang menjadi bahan penilaian oleh Asesor SINTA.

Nur Irmayanti berbagi tips tentang penataan konten dalam situs utama jurnal. Ia menekankan perlunya template yang baku dan reviewer yang berasal dari luar institusi pengelola jurnal. "Ini sering diabaikan, padahal nilai akreditasinya cukup besar," tandasnya.

Rektor UWP, Dr. Budi Endarto, S.H., M.Hum., mengapresiasi inisiatif LPPM-UWP ini. Ia menyatakan bahwa keberadaan jurnal sangat penting untuk meningkatkan kredibilitas institusi. "10-15 tahun lalu, pembentukan jurnal mungkin belum terpikirkan. Kini, jurnal menjadi ujung tombak universitas dan fakultas. UWP telah memiliki 18 jurnal," ungkap Budi Endarto.

Ia juga menegaskan bahwa jurnal di UWP bukan untuk komersialisasi, melainkan sebagai wadah publikasi hasil penelitian civitas akademika yang mengusung tema Entrepreneurial University berbasis Sociopreneur di Indonesia. "Inilah yang akan meningkatkan kredibilitas Universitas Wijaya Putra," tandasnya menutup acara.

Dengan semangat kolaborasi dan dedikasi tinggi, UWP siap melangkah lebih jauh dalam dunia akademik, memastikan setiap jurnal yang dihasilkan memenuhi standar tertinggi dan berkontribusi signifikan terhadap kemajuan ilmu pengetahuan.

Editor : Arif Ardliyanto

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut