get app
inews
Aa Read Next : Ditjen Imigrasi Luncurkan Tiga Kebijakan Visa Baru, Dorong Pertumbuhan Ekonomi Jatim

Kunjungan Kadivpas Kemenkumham Jatim, Pastikan Layanan Prima di Lapas Malang

Kamis, 11 Juli 2024 | 18:45 WIB
header img
Kadivpas Kemenkumham Jatim Pastikan Layanan Prima di Lapas Malang. Foto iNewsSurabaya/ist

MALANG, iNewsSurabaya.id - Kepala Divisi Pemasyarakatan (Kadivpas) Kanwil Kemenkumham Jatim melaksanakan Bimbingan, Pengawasan, dan Pengendalian (Bintorwasdal) di Lapas Kelas I Malang pada Kamis (11/7). Didampingi oleh Kepala Lapas Malang, Ketut Akbar, dan sejumlah pejabat struktural lapas, kunjungan ini menyoroti berbagai aspek penting dari operasional lapas yang terletak di Kelurahan Lowokwaru tersebut.

Kunjungan dimulai dengan pemeriksaan di ruang pendaftaran kunjungan keluarga warga binaan pemasyarakatan (WBP). Kadivpas memastikan bahwa alur kunjungan, mulai dari pendaftaran hingga pertemuan dengan WBP, berjalan sesuai dengan standar operasional prosedur (SOP) yang berlaku. Pelayanan optimal tanpa diskriminasi juga menjadi fokus utama dalam pemeriksaan ini.

"Setiap keluarga memiliki hak yang sama dalam mendapatkan pelayanan yang layak," tegas Kadivpas.

Tidak hanya berhenti di situ, Kadivpas juga melakukan kontrol ke setiap blok di Lapas, dari blok maksimum keamanan hingga kamar tamping. "Di setiap blok, kami ingin memastikan keamanan dan kondisi yang layak bagi para WBP," ujarnya.

Selain aspek keamanan, Kadivpas juga meninjau berbagai sarana kegiatan yang disediakan bagi WBP. Lapas Kelas I Malang memiliki beragam kegiatan pengembangan bakat, seperti barber shop, coffee shop, budidaya jamur, bengkel kendaraan bermotor, sketsa wajah dan lukisan, serta pembuatan batik tulis. Bahkan, Lapas ini memiliki tiga grup musik yang memainkan genre pop, dangdut, dan reggae.

"Kami mengapresiasi seluruh jajaran Lapas Malang yang telah memberikan pembinaan dan fasilitas untuk mengembangkan bakat WBP. Ini adalah contoh yang baik dan harus diikuti oleh Lapas lain di Jawa Timur," ujar Kadivpas.

Editor : Arif Ardliyanto

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut