get app
inews
Aa Read Next : Pemprov Jawa Timur Fokus Langkah Nyata Kendalikan Perubahan Iklim, Ini yang Dilakukan

Tingkatkan PAD, Pemprov Jawa Timur Gelar FGD Bahas Optimalisasi Pertambangan MBLB

Rabu, 17 Juli 2024 | 16:53 WIB
header img
Kepala Dinas ESDM Jatim Nurkholis. Foto iNewsSurabaya/lukman

Nurkholis menegaskan bahwa peluang peningkatan penerimaan daerah masih besar sepanjang illegal mining dapat ditangani.

Potensi MBLB di Jawa Timur sebenarnya mencapai 700-800 miliar ton. Oleh karena itu, koordinasi dengan stakeholder terkait dari kabupaten/kota sangat penting untuk menghitung kembali jumlah potensi yang ada. 

Nurkholis menambahkan bahwa sektor MBLB di Jawa Timur menghadapi banyak tantangan dalam dua tahun terakhir, terutama dengan pesatnya perkembangan pembangunan yang membawa konsekuensi maraknya pengusahaan MBLB untuk bahan baku infrastruktur.

Permintaan bahan baku pertambangan MBLB terus meningkat seiring dengan pertumbuhan pembangunan, namun ketersediaan potensi dan luas wilayah tetap. 

Sementara itu, perkembangan demografi juga terus meningkat, sehingga perlunya kolaborasi untuk memastikan pertambangan MBLB memberikan dampak positif bagi kesejahteraan warga.

Acara FGD ini juga dihadiri oleh perwakilan dari berbagai instansi, termasuk Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Jawa Timur, Satpol PP Jawa Timur, BIN Jawa Timur, Dinas PU Sumber Daya Air Jawa Timur, Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Jawa Timur, Dinas Perumahan Rakyat Kawasan Permukiman dan Cipta Karya Jawa Timur, Balai Besar Wilayah Sungai Brantas, Balai Besar Wilayah Sungai Bengawan Solo, Kejaksaan Tinggi Jawa Timur, Biro Hukum Setda Provinsi Jawa Timur, dan Inspektur Tambang Penempatan Jawa Timur.

Editor : Arif Ardliyanto

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut