get app
inews
Aa Read Next : Transformasi Ekonomi Sumenep: Keberhasilan Achmad Fauzi Terlihat, Pariwisata dan UMKM Menonjol

Melihat Aktifnya Mahasiswa Unair Bantu UMKM Desa Sidodowo Miliki Sertifikasi Halal

Rabu, 24 Juli 2024 | 10:56 WIB
header img
Mahasiswa Universitas Airlangga berhasil mendaftarkan setidaknya 20 pelaku UMKM untuk mendapatkan sertifikasi halal. Foto: Unair/ist

program sertifikasi halal yang ini bertujuan untuk meningkatkan kesadaran pelaku UMKM tentang pentingnya sertifikasi halal pada setiap produknya.

Ivan yang merupakan mahasiswa jurusan Ekonomi Islam Fakultas Ekonomi Bisnis ini lantas menerapkan langkah strategis untuk membantu para pelaku UMKM. Salah satu caranya adalah dengan menggandeng Pusat Halal Unair untuk membantu pelaku UMKM mendapatkan sertifikasi halal pada produknya. 

"Kita benar-benar dampingi mulai daftar di OSS kita buatkan akun dan kita bantu buatkan untuk NIBnya, setelah NIB keluar kita printkan sertifikatnya, nah tanggal 19 (Juli) kemarin kita sosialisasikan sertifikasi halal untuk proses sertifikasi halalnya," tuturnya.

Ivan mengaku sempat memiliki sedikit kendala kala mendampingi pelaku UMKM yang mayoritas masih gagap teknologi. Namun karena tanggung jawabnya, ia bersama kelompoknya terus melakukan pendampingan agar para pelaku UMKM dapat semakin percaya diri dalam memasarkan produknya.

"Dengan adanya sertifikasi halal ini mereka semakin percaya diri karena produknya sudah tersertifikasi halal, jadi setiap konsumen yang ingin beli produknya nggak ragu," pungkasnya. 

Editor : Arif Ardliyanto

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut