get app
inews
Aa Read Next : HUT Kemerdekaan RI, SIG Pamerkan Aplikasi Semen Hijau dan Solusi Beton Berkelanjutan di IKN

Wow! Dua Cyclist ini Bakal Tempuh 1945 KM ke IKN untuk Upacara Bendera

Kamis, 01 Agustus 2024 | 18:28 WIB
header img
Sugeng Santoso (64) dan Wirawan Dwi (42) memulai bersepeda sejauh 1945 KM menuju ke Ibu Kota Nusantara (IKN), Kamis(01/8/2024). Foto/Dok Pribadi

SURABAYA, iNewsSurabaya.id - Jika umumnya kemerdekaan RI diperingati dengan berbagai lomba, Sugeng Santoso (64) dan Wirawan Dwi (42) berbeda. Keduanya memulai bersepeda sejauh 1945 KM menuju ke Ibu Kota Nusantara (IKN), Kamis(01/8/2024). 

Dua pesepeda asal Sidoarjo ini memilih memulai perjalanannya dari Tugu Pahlawan dan Titik Nol Surabaya, Kamis (1/8). Surabaya sebagai kota pahlawan dianggap tepat, untuk mewakili semangat perjalanan menempuh 1945 kilometer itu. 

"Mudah-mudahan semangat para pahlawan ini menguatkan kami saat menempuh jalan ribuan kilometer itu," ujar Wirawan. 

Wirawan menjelaskan, perjalanannya bersepeda ke IKN dengan bersepeda ini diberi tema "1945 KM, Bersepeda untuk Indonesia". 

Menurut Wirawan, angka 1945 diambil dari tahun kemerdekaan Indonesia. Selain itu, tema ini dipilih untuk mewakili rasa syukurnya pada Indonesia, tempat dengan beragam  keragaman namun dengan toleransi yang begitu tinggi. 

"Indonesia ini punya 1340 suku, 715 bahasa daerah, dan ada 6 agama, tapi kita punya toleransi yang sangat tinggi. Kita masih sangat nyaman berkomunikasi dan bekerjasama dengan teman yang berbeda suku, ras maupun agama. Hanya ada di Indonesia. Coba kalo di luar negeri, beda suku atau agama, gesekannya bisa luar biasa," kata pria 42 tahun itu. 

Karena itulah, kata Wirawan, perjalanan bersepeda ini dilakukan, dalam rangka bersyukur telah terlahir dan dibesarkan di Indonesia.

"Dengan beragam dinamika di negeri ini, kami bersyukur sudah terlahir dan besar di Indonesia, alhamdulillah. Perjalanan kami ini juga akan mengekplorasi tempat wisata dan kuliner Indonesia, kami akan posting di medsos kami," kata pria yang aktif di komunitas sepeda GXid Gerbangkertosusila ini. 

Editor : Ali Masduki

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut