get app
inews
Aa Read Next : Perairan Tercemar Mikroplastik, Pelajar di Banyuwangi Jadi Detektif Sungai

Ekspedisi Sungai Nusantara, Ecoton Bakal Kunjungan 68 Sungai di Indonesia

Minggu, 27 Februari 2022 | 19:33 WIB
header img
Ecoton bersama Polisi Air SMPN 1 Wonosalam, melakukan penelitian di Kali Gogor, anak sungai Brantas di Wonosalam, Jombang, Minggu (27/2/2022). (Foto: Ali Masduki)

Peneliti Senior Ecoton, Amirudin Mutaqien menambahkan, selama perjalanan pihaknya akan mendeteksi kesehatan sungai, mendokumentasikan dalam film dokumenter dan memutar film ekspedisi 3 sungai yang menjelaskan kerusakan sungai di Pulau Jawa. 

"Dan terakhir kami ingin membentuk 68 komunitas sungai Indonesia," terangnya.

Lebih lanjut alumni teknik lingkungan UPN Jatim ini menjelaskan, setiap sungai akan dilakukan kegiatan uji mikroplastik, uji kualitas air dengan parameter pH, phospat, nitrit, TOC, COD, TDS dan kandungan Oksigen dalam air.

Sebelumnya, pada Ekspedisi Sungai Nusantara 2021 ditemukan bahwa telah terkontaminasi partikel mikroplastik (PM). Sungai-sungai utama di Pulau Jawa seperti Sungai Brantas, Bengawan Solo, Ciliwung, Citarum, Ciujung sebesar 62 ± 198 PM/100L.

Selanjutnya ikan-ikan di sungaipun terpapar mikroplastik dengan kandungan Sungai Brantas: 42 partikel mikroplastik per ikan Sungai Bengawan Solo: 20 partikel mikroplastik per ikan Sungai Citarum: 68 partikel mikroplastik per ikan. 

Bahkan dari temuan ecoton diketahui bahwa kandungan mikroplastik dalam ikan Nila jumlahnya cukup tinggi dan dinyatakan mengkhawatirkan jika dikonsumsi.

Editor : Ali Masduki

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut