get app
inews
Aa Read Next : Nahdlatul Ulama Dapat Izin Usaha Pertambangan Ketum PBNU Sebut Mengurus Umat Butuh Biaya

Ratusan Kiai Bersatu di Tebuireng, Serukan Perbaikan PKB dan Tegaskan Hubungan Historis dengan PBNU

Selasa, 13 Agustus 2024 | 11:54 WIB
header img
Ratusan Kiai Bersatu di Tebuireng ingin PBNU Perbaikan PKB. Foto iNewsSurabaya/zainul

JOMBANG, iNewsSurabaya.id - Ratusan kiai dari berbagai pesantren dan struktural NU berkumpul di Pondok Pesantren Tebuireng, Jombang, Senin (12/8/2024) sore, dalam sebuah pertemuan yang sarat akan makna dan kepedulian. Mereka menyuarakan keresahan terhadap arah yang ditempuh Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) selama ini, khususnya terkait jarak yang semakin melebar dari nilai-nilai dasar yang menjadi fondasi partai tersebut saat pertama kali didirikan.

Dipimpin oleh dua tokoh penting, KH Anwar Iskandar dan KH Amin Said Husni, pertemuan itu menghasilkan dua kesepakatan penting yang disampaikan secara tegas. 

"Ada dua poin utama yang disepakati dalam pertemuan ini. Pertama, para kiai menegaskan bahwa antara PBNU dan PKB terdapat hubungan yang kuat dan mendalam, baik secara idiologis, historis, politis, organisatoris, maupun kultural," ujar KH Anwar Iskandar saat membacakan hasil pertemuan.

Kesepakatan kedua yang tak kalah penting adalah dorongan agar PBNU segera mengambil langkah strategis untuk memperbaiki PKB. "Kami mendesak PBNU untuk segera melakukan langkah-langkah konkret guna membenahi PKB ke depan," lanjutnya.

Pertemuan yang penuh dengan nuansa kebersamaan itu dihadiri oleh para kiai terkemuka, termasuk Pengasuh Pesantren Lirboyo KH Anwar Mansyur dan Pengasuh Pesantren Tebuireng KH Abdul Hakim Mahfudz (Gus Kikin). Hadir pula para kiai dari berbagai daerah seperti Jawa Timur, Jawa Tengah, Jawa Barat, Sumatera Utara, hingga Sulawesi Selatan.

Keresahan para kiai ini timbul dari pandangan bahwa PKB kini telah terlalu jauh menyimpang dari marwah aslinya. KH Amin Said Husni menyoroti bagaimana struktur organisasi PKB yang dahulu mencerminkan nilai-nilai NU, kini mulai kehilangan esensinya. 

"Dulu, struktur PKB dan NU sangat mirip, bahkan dalam hal nama. Namun, kini Dewan Syuro, yang seharusnya menjadi penentu utama kebijakan partai, mulai kehilangan kekuatannya," ujar Kiai Amin.

Editor : Arif Ardliyanto

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut