get app
inews
Aa Read Next : Dubes India Untuk Indonesia Sandeep Chakravorty Sebut Indonesia Adalah Negara yang Menakjubkan

Dubes India Sandeep Chakravorty Lawatan ke Surabaya, Ini yang Dilakukan!

Kamis, 29 Agustus 2024 | 08:39 WIB
header img
Duta Besar India untuk Indonesia, Sandeep Chakravorty. Foto: iNewsSurabaya/Ali Masduki

SURABAYA, iNewsSurabaya.id - Duta Besar India untuk Indonesia, Sandeep Chakravorty lawatan ke Surabaya, Jawa Timur. Selama di kota Pahlawan, Sandeep bakal  menemui para stakeholder. Terutama menghadiri resepsi kapal Angkatan Laut India yang saat ini bersandar di Pelabuhan Tanjung Perak Surabaya.

Hal tersebut dilakukan untuk mempererat hubungan ekonomi, kesehatan dan pendidikan, serta berbagai wacana kerjasama antar kedua negara.

Dalam hal ekonomi misalnya, Sandeep Chakravorty menyampaikan bahwa hal tersebut bertujuan untuk memperkuat hubungan India-Indonesia baik dalam perdagangan, pendidikan, dan kesehatan.

Termasuk juga pertukaran budaya, dimana India dan Indonesia memiliki sejarah panjang dimasa lalu dalam konteks tersebut. Hal yang telah dilakukan selama ini misalnya adalah program pertukaran pelajar dan promosi pendidikan India di Indonesia.

Namun, kata dia, ada satu hal penting yang telah terjadi. Yakni perubahan penting bahwa saat ini Manoj Bath telah menjadi Konsul Kehormatan India di Surabaya. 

"Saat kita bertemu terakhir kali, itu masih dalam proses. Sekarang, dia sudah resmi menjabat. Jadi, sekarang Kedutaan Besar India sudah memiliki kantor dan kehadiran di Surabaya, yang berlokasi di Pamalon," katanya saat ditemui di Shangrila Hotel Surabaya, pada Rabu (28/8/2024) malam.

"Jadi, saya pikir penting untuk memahami bahwa ini adalah kunjungan kedua saya ke Surabaya," lanjutnya.

Sandeep Chakravorty juga menambahkan bahwa, fokus pada kolaborasi di bidang pertanian, farmasi, dan ekonomi digital. Termasuk juga pada sektor kesehatan.
 
"Dan itulah alasan utamanya. Namun, saya pikir, karena saya sudah datang ke sini, saya juga akan bertemu dengan Walikota, kemudian bertemu dengan Gubernur, bertemu dengan komunitas bisnis, dan itulah tujuannya," terangnya.

Sandeep mengungkapkan, Jawa Timur, khususnya Surabaya, selalu menjadi bagian penting dari sejarah Indonesia. Baik di masa lalu maupun selama masa Republik.

"Saya membaca tentang sejarah dan kita tahu bahwa benih-benih pertama kemerdekaan Indonesia ditanam di sini, di Surabaya. Kita tahu tentang para pemimpin yang bertemu di sini, bahkan Bung Karno pernah belajar di sini dan bertemu dengan para mentornya. Jadi, banyak sejarah yang terkait dengan Surabaya," ungkapnya.

Editor : Ali Masduki

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut