SURABAYA iNewsSurabaya.id – PT Pertamina Patra Niaga mengajak para pengusaha untuk memanfaatkan peluang bisnis yang menjanjikan di Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU) Pertamina.
Melalui keikutsertaannya dalam Info Franchise & Business Concept (IFBC) Expo 2024 pada 6-7 September di ICBC Basuki Rahmat Surabaya, Pertamina Patra Niaga membuka kesempatan bagi para pengusaha untuk bergabung dalam bisnis Non Fuel Retail (NFR) yang tengah berkembang pesat di SPBU Pertamina di pameran waralaba bisnis terbesar di Indonesia.
Dalam ajang ini Pertamina selain membuka konsultasi Bisnis calon mitra Non BBM di SPBU, Pertamina juga memperkenalkan Bright Store, Bright Cafe.
VP Retail Fuel Sales Eko Ricky Susanto menjelaskan bahwa NFR menjadi salah satu fokus utama perusahaan dalam memperluas jaringan bisnisnya.
Banyak pelaku bisnis yang ingin bergabung dengan Pertamina. Namun bingung bagaimana caranya, maka melalui acara tenant days ini mempertemukan pihak Pertamina dengan para pelaku bisnis yang ingin bergabung melalui bisnis NFR.
"Di Pertamina bisnis NFR ini baru menyumbang 6% dari total bisnisnya SPBU dengan dominasi di Fuel (BBM). Kami melihat potensi besar dalam bisnis NFR dan ingin menawarkan peluang ini kepada para pengusaha di seluruh Indonesia," ungkapnya.
Eko Ricky mengatakan, Pertamina memiliki hampir sekitar 6.500-an SPBU di luar Pertashop dan lembaga penyalur lain. Ini masih banyak potensi yang bisa kita kembangkan dalam konteks pengembangan tenant atau outlet-outlet di SPBU.
"Saat ini, kami telah bekerja sama dengan lebih dari 1.500 mitra/brand yang tersebar di lebih dari 20.000 outlet NFR di SPBU Pertamina di seluruh Indonesia. Kami ingin terus memperluas jaringan ini dan menciptakan sinergi yang bermanfaat bagi semua pihak," jelas Eko Ricky.
Dalam kesempatan yang sama, Kania Hapsari Manager Non Fuel Retail Pertamina Patra Niaga menjelaskan bahwa kehadiran Pertamina di event ini dalam rangka menginformasikan kepada para pelaku usaha.
Ia bilang saat ini Pertamina menjadi salah satu solusi bisnis terutama dalam hal lokasi, karena di SPBU banyak sekali kelebihan-kelebihannya. Antara lain traffic orang masuk (ke SPBU) tinggi dan biasanya sekaligus beli sesuatu untuk perjalanan.
"Ada sekitar 100 brands yang sudah kerja sama dengan kita, diantaranya Tomoro Coffe, Kopi Kenangan, Chatime dan banyak F&B selain itu ada kerja sama dengan AutoGlaze dan Bengkel yang jumlah nya juga cukup banyak," jelas Kania.
"Bank-bank udah pasti, banyak ATM juga di tempat kita sekarang, keberadaan convenience store seperti Alfamart dan Indomaret pastinya akan menambah traffic ke SPBU tersebut, sehingga kita juga kerja sama dengan mereka dengan bentuk co-branding dengan Bright Store karena kita punya Bright Store disini juga. Jadi kita saling mengisi lah," tambah Kania.
Sementara Odi (30), pemilk usaha di SPBU asal Gresik, salah satu pengunjung IFBC yang mampir berkonsultasi ke booth Pertamina Patra Niaga menyampaikan kesan dan ketertarikannya terhadap bisnis Bright Cafe yang ditawarkan oleh Pertamina. Dia berniat untuk membuka bisnis tersebut di kota Gresik dan berharap bisnis ini dapat terus bersaing kedepannya.
”Menurut saya, kesan setelah explore di booth Pertamina Patra Niaga, untuk brand Bright Store dan Bright Cafe ini sudah naik kelas. Dulu belum tertata, sekarang sudah tertata sangat baik.” tutur Odi.
”Saya tertarik untuk selanjutnya mengembangkan bisnis Bright Cafe, terutama untuk anak-anak muda yang suka ngopi dan saat ini Gresik punya sebutan sebagai kota 1001 kopi, sehingga wajib ada kopi, harapan kedepannya agar dapat terus bersaing," lanjut Odi.
Verdi dan Rudi pengunjung booth Pertamina Patra Niaga yang juga pemilik usaha di SPBU Surabaya, mengaku tertarik untuk mengembangkan bisnisnya di bidang charging station dan binis Non Fuel Retail lainnya di SPBU Pertamina.
”Kami tertarik dan ingin mengembangkan bisnis di bidang charging station untuk kendaraan listrik dan PLTS,” ujar Verdi.
”Tentunya kami juga berharap agar kedepannya semakin ramai, dan pastinya untuk margin dapat ditambah, sehingga kita tidak hanya dapat berbisnis atau berjualan BBM saja namun kita juga dapat explore berjualan di bidang non fuel retail lainnya,” harap Rudi.
Pertamina Patra Niaga, dengan jaringan lebih dari 6.500 SPBU dari Sabang sampai Merauke, berkomitmen untuk menjadikan setiap SPBU sebagai pusat keberlanjutan bisnis.
Pengusaha yang tertarik dapat dengan mudah mengakses informasi area di SPBU untuk peluang usaha melalui platform mitraspbu
Di situs ini, calon mitra dapat mengakses informasi lengkap mengenai ruang usaha yang tersedia di SPBU Pertamina, memilih lokasi yang strategis, serta mengajukan permohonan kemitraan secara online.
Proses pendaftaran yang simpel dan transparan ini dirancang untuk memudahkan pengusaha dalam menjalin kerja sama bisnis dengan Pertamina Patra Niaga.
Editor : Ali Masduki