get app
inews
Aa Read Next : Inovasi Pelayanan Publik, Kemenkumham Jatim Hadirkan Immigration Lounge di Icon Mall Gresik

Warga Geruduk Kantor Desa Banjardowo Jombang, Tuntut Kepala Desa Mundur, Ini Alasannya

Rabu, 11 September 2024 | 17:40 WIB
header img
Warga Geruduk Kantor Desa Banjardowo Jombang, Tuntut Kepala Desa Mundur. Foto iNewsSurabaya/zainul

JOMBANG, iNewsSurabaya.id – Warga Desa Banjardowo, Kecamatan Kabuh, Kabupaten Jombang, dibuat geram oleh ulah Kepala Desa (Kades) mereka, Rahardian Firmansyah. Kades yang jarang muncul di kantor desa ini menjadi pusat kemarahan warga, hingga memicu aksi demonstrasi besar pada Rabu (11/9/2025). 

Warga yang merasa pelayanan publik di desanya terabaikan, datang berbondong-bondong ke kantor desa untuk menuntut mundurnya Rahardian Firmansyah dari jabatannya.

Aksi ini tak dilakukan dengan setengah hati. Warga membawa dua mobil yang dilengkapi dengan sistem suara dan sejumlah spanduk yang penuh dengan tulisan tuntutan. Di antaranya, terpampang jelas kalimat. 

"Kami Butuh Kades yang Bisa Merakyat", "Kami Butuh Pelayanan Bukan Omongan", serta "Turunkan Kepala Desa Banjardowo".

Sumarji, salah satu warga yang ikut dalam aksi tersebut, dengan tegas mengungkapkan kekecewaannya terhadap kinerja sang Kades. "Selama tiga tahun, Kades tidak pernah menjalankan tugasnya dengan baik. Dia jarang sekali datang ke kantor, dan pelayanan kepada masyarakat menjadi sangat buruk," ujar Sumarji. 

Ketidakhadiran Rahardian Firmansyah dalam berbagai kegiatan pelayanan masyarakat membuat warga semakin muak. Menurut Sumarji, jika Kades tetap keras kepala dan enggan mundur, warga siap menggelar aksi lebih besar lagi. "Kalau tidak ada tanggapan, unjuk rasa yang lebih besar akan segera menyusul," ancamnya.

Editor : Arif Ardliyanto

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut