get app
inews
Aa Read Next : Dinas Pendidikan Jawa Timur Raih Dua Penghargaan Bergengsi di E-Purchasing Award 2024

Tingkatkan Ketrampilan Siap Kerja, Inkubator Kreatif Jadi Solusi Siswa SMK dan SMA di Jatim

Jum'at, 13 September 2024 | 07:54 WIB
header img
Inkubator Kreatif Jadi Solusi Siswa SMK dan SMA di Jatim. Foto iNewsSurabaya/saipul

SURABAYA, iNewsSurabaya.id - Upaya membekali siswa SMK dan SMA di Jawa Timur dengan keterampilan yang relevan di dunia industri dan teknologi dilakukan Dinas Pendidikan (Dindik) Jawa Timur. Melalui UPT Pengembangan Teknis dan Keterampilan Kejuruan (UPT PTKK) terus meluncurkan Program Pengembangan dan Pelatihan (Inkubator). 

Program inovatif ini dirancang untuk mengasah kompetensi siswa agar mampu membuka usaha mandiri dan siap menghadapi tantangan di industri setelah lulus.

Kepala Dinas Pendidikan Jawa Timur, Aries Agung Paewai, menyatakan rasa bangganya terhadap para siswa yang antusias mengikuti program Inkubator Angkatan IV menuju MILEA Tahun 2024 yang digelar di UPT PTKK pada 12 September lalu.

“Saya sangat bangga melihat semangat belajar, rasa ingin tahu yang tinggi, serta kedisiplinan para siswa dalam mengikuti program ini. Saya yakin, mereka semua memiliki visi yang sama, yaitu mengembangkan diri, memperluas wawasan, serta meningkatkan keterampilan untuk siap bersaing di dunia kerja dan industri,” ungkapnya.

Aries menambahkan bahwa program ini adalah langkah maju untuk mempersiapkan generasi muda yang tangguh dan adaptif di era digital. “Kami tidak hanya fokus meningkatkan kompetensi teknis siswa, tetapi juga mempersiapkan mereka menghadapi tantangan global.” ujarnya. 

Sebagai Pejabat Wali Kota Batu, Aries juga menekankan bahwa Inkubator bukan sekadar ruang belajar, melainkan wadah bagi siswa untuk berkolaborasi dan menumbuhkan ide-ide kreatif yang dapat diimplementasikan. 

"Di sini, kita mengasah kemampuan mereka tidak hanya di bidang keahlian teknis, tetapi juga di bidang inovasi dan kewirausahaan," ujarnya.

Harapannya, ilmu dan keterampilan yang diperoleh selama pelatihan ini mampu meningkatkan daya saing siswa di pasar tenaga kerja. Aries juga berterima kasih kepada seluruh pihak yang mendukung suksesnya program ini, mulai dari penyelenggara hingga sekolah-sekolah di Jawa Timur.

Editor : Arif Ardliyanto

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut