get app
inews
Aa Read Next : Cerita Pedagang Pasar Citra Niaga Jombang, Rela Menunggu Berjam-jam Demi Bertemu Mundjidah

Lukman Sugiharto Wijaya, Pengabdi Setia Nahdlatul Ulama dan Pejuang Keadilan Lewat LBH Ansor

Senin, 14 Oktober 2024 | 18:07 WIB
header img
Lukman Sugiharto Wijaya, Pengabdi Setia Nahdlatul Ulama dan Pejuang Keadilan Lewat LBH Ansor. Foto iNewsSurabaya/ist

MOJOKERTO, iNewsSurabaya.id - Nama Lukman Sugiharto Wijaya, S.H., M.H., S.Si., M.Si., Ph.D., sudah tak asing lagi di kalangan Nahdlatul Ulama (NU), khususnya di Mojokerto, Jawa Timur. Dengan dedikasi yang tak tergoyahkan, Lukman telah mengabdikan dirinya untuk membesarkan NU di wilayahnya.

Lukman yang lahir dan besar di Mojokerto, adalah sosok yang berprestasi di dua bidang sekaligus: advokat dan pengusaha. Karier gemilangnya tak terlepas dari komitmennya terhadap proses kaderisasi di NU dan Gerakan Pemuda Ansor (GP Ansor). 

Perjalanan kaderisasinya dimulai dari Pendidikan Kader Penggerak Nahdlatul Ulama (PKPNU) ketika ia menjabat sebagai Ketua Lembaga Pendidikan Ma’arif NU Kabupaten Mojokerto. Tak hanya itu, ia juga mengikuti berbagai pelatihan seperti Pelatihan Kepemimpinan Dasar (PKD), Pendidikan dan Latihan Dasar Banser (Diklatsar), hingga Pelatihan Kepemimpinan Lanjutan (PKL) yang diadakan oleh GP Ansor Mojokerto.

Dalam organisasi GP Ansor, Lukman pernah memegang sejumlah posisi penting, mulai dari Wakil Sekretaris GP Ansor Kabupaten Mojokerto, Ketua Badan Ansor Anti Narkoba (BAANAR), hingga Ketua Lembaga Bantuan Hukum (LBH) Ansor Mojokerto. Saat ini, ia mengemban mandat sebagai Sekretaris Koordinator Wilayah Jawa Timur LBH Ansor.

"Amanah ini adalah ladang perjuangan kami sebagai pemuda untuk berkhidmat di GP Ansor dan Nahdlatul Ulama," ujar Lukman. 

"Sebagai santri, kami senantiasa mengikuti dawuh para Kyai dan meneladani perjuangan para Muasis NU. Semoga kita semua senantiasa mendapatkan berkah dari perjuangan tersebut." lanjutnya. 

Keberadaan Lembaga Bantuan Hukum (LBH) GP Ansor menjadi semakin strategis dalam memberikan advokasi dan pendampingan hukum, terutama bagi masyarakat miskin yang kerap diabaikan oleh sistem hukum. Dengan moto “Tegakkan Yang Adil Untuk Semua,” LBH GP Ansor memberikan layanan hukum gratis bagi mereka yang kurang beruntung, mencakup kasus pidana, perdata, tata usaha negara, hingga perselisihan hubungan industrial.

LBH GP Ansor juga telah memudahkan masyarakat yang membutuhkan konsultasi hukum dengan menyediakan layanan berbasis digital melalui aplikasi SIAPPS (Sahabat Indonesia Aplikasi), yang bisa diakses di Play Store maupun App Store. 

“Kini, masyarakat bisa berkonsultasi langsung ke kantor GP Ansor di seluruh Indonesia, atau melalui SIAPPS,” jelas Lukman.

Dengan adanya LBH ini, GP Ansor berharap dapat berkontribusi dalam menciptakan ketertiban dan kenyamanan di masyarakat, bekerja sama dengan pemerintah dan berbagai elemen bangsa.

Pada Minggu, 13 Oktober 2024, bertempat di Hotel Mercure Convention Center Ancol, Jakarta, LBH GP Ansor telah mengukuhkan lebih dari 100 pengurus baru yang terdiri dari advokat dan paralegal dari berbagai provinsi. Acara pengukuhan ini dipimpin langsung oleh KH. Ulil Abshar Abdalla, mewakili Ketua Umum PBNU, KH. Yahya Cholil Staquf.

"LBH GP Ansor adalah bagian penting dari keseluruhan Jamiyah Nahdlatul Ulama, yang berkomitmen untuk mengawal dakwah Islam yang berfokus pada kemanusiaan," ungkap Kyai Ulil dalam sambutannya.

Acara ini juga dihadiri oleh berbagai institusi penting seperti POLRI, Kejaksaan Agung, Kementerian Agama RI, dan tamu undangan lainnya, dengan total kehadiran mencapai 200 orang.

Editor : Arif Ardliyanto

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut