get app
inews
Aa Read Next : Cucu Deklarator PKB Dukung Firhando Gumelar Pimpin Kota Batu

Beri Peringatan Netralitas, Pj Bupati Teguh Narutomo Bakal Kumpulkan Kepala Desa se Jombang

Rabu, 16 Oktober 2024 | 14:14 WIB
header img
Pj Bupati Teguh Narutomo Bakal Kumpulkan Kepala Desa se Jombang. Foto iNewsSurabaya/zainul

JOMBANG, iNewsSurabaya.id - Penjabat (Pj) Bupati Jombang Teguh Narutomo akan mengumpulkan semua kepala desa (Kades) di daerah itu untuk menekankan netralitas pemilihan kepala daerah (pilkada) 2024.

Netralitas para kepala desa juga aparatur desa pada Pilkada 2024 banyak yang meragukan. Terlebih, ada kades yang diduga terlibat melakukan pelanggaran netralitas dan kini nasibnya di tangan kepala daerah setempat.

Adalah Kades Plosogeneng Jombang Bimo Rio yang diduga melakukan pelanggaran netralitas itu. Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) telah melimpahkan penanganan kasusnya itu ke pihak Bupati Jombang.

"Selesai Jombang Fest, kepala desa nanti kita kumpulkan lagi untuk kita tekankan (netralitasnya). Ya semua, semua yang memang tidak semestinya mendukung ya harus netral," tegas Teguh Narutomo di acara Jombang Fest 2024, Senin (14/10/2024).

Inspektur Khusus Inspektorat Jendral Kementrian Dalam Negeri itu mengungkapkan bahwa selama ini pihaknya telah menyampaikan imbauan kepada ASN maupun perangkat desa agar menjaga netralitas. "Imbauan sudah kita sampaikan pada saat apel kerja kepada seluruh ASN dan desa," katanya.

Bawaslu Jombang sebelumnya sudah mengirim surat kepada Pj Bupati Jombang. Surat itu berisikan penerusan pemeriksaan terhadap kepala desa Plosogeneng, terkait dugaan pelanggaran netralitas. Pada intinya pemeriksaan maupun pengambilan sanksi ada di tangan Pj Bupati Jombang.

“Isinya Bawaslu, meneruskan kepada Pj Bupati terkait adanya dugaan netralitas kepala desa, yang terjadi pada kehadiran kepala desa Plosogeneng pada peristiwa pengambilan nomor urut pasangan calon,” ujar Ketua Bawaslu Jombang David Budianto, Kamis (3/10/2024) lalu.

Editor : Arif Ardliyanto

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut