get app
inews
Aa Read Next : Selama Lebaran, Jatim Alami 25 Kejadian Bencana Alam

Cuaca Tidak Menentu, Pastikan Beberapa Hal Berikut Agar Tetap Aman Berkendara

Selasa, 08 Maret 2022 | 10:19 WIB
header img
Sebuah mobil menerobos banjir saat hujan lebat mengguyur kota Surabaya beberapa waktu lalu. (Foto: Ali Masduki)

2. Pastikan kendaraan berfungsi normal

Dengan memutuskan menggunakan kendaraan pribadi untuk bermobilitas, sudah seharusnya kita juga sudah mempertimbangkan kelayakan dan memastikan performa mobil dalam keadaan baik dan normal. 

Pastikan bahan bakar mobil sudah terisi dalam batas aman, pengecekan rem, lampu sein, klakson, tekanan dan kondisi ban, serta wiper yang membantu pengendara di saat musim hujan seperti sekarang ini. 

Namun melihat cuaca ekstrem yang terjadi, jangan memaksakan diri untuk menerjangnya. Anda dapat menunggu hingga cuaca esktrem tersebut sedikit mereda agar tetap dapat sampai tujuan dengan selamat dan terhindar dari berbagai risiko.

3. Pastikan berkendara dengan aman

Sebagai pengguna jalan umum sudah seharusnya bukan hanya memastikan keamanan untuk diri sendiri, namun juga untuk sesama pengguna jalan lainnya. 

Hal ini dapat dilakukan dengan mentaati peraturan lalu lintas yang berlaku. Seperti memastikan batas kecepatan normal, memastikan muatan mobil sudah sesuai dengan yang seharusnya dan mematuhi rambu lalu lintas. 

Kemudian menjaga jarak antar kendaraan agar dapat lebih mudah untuk menghindar saat terjadi hal-hal yang tidak bisa diprediksi dengan teknik berhitung tiga detik dengan menentukan patokan benda statis yang dilalui kendaraan di depan Anda.

4. Pastikan kendaraan dilengkapi dengan perlindungan yang dapat diandalkan

Selain tindakan pencegahan dengan menerapkan berbagai etika berkendara, terdapat hal lainnya yang sering dilewatkan oleh para pemilik kendaraan mobil. 

Sebagaimana kita tahu bahwa risiko akan kepemilikan mobil hingga berkendara pasti selalu ada, terlebih di saat cuaca esktrem yang tengah melanda Indonesia. 

Oleh karenanya, alangkah lebih baik apabila mobil kesayangan kita dilengkapi dengan proteksi maksimal yang dapat meringankan beban saat risiko yang tidak diinginkan menerpa.

Editor : Ali Masduki

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut