get app
inews
Aa Text
Read Next : Upaya Baznas Jatim Bebaskan UMKM dari Jeratan Rentenir

Foto Produk Menarik Kunci Sukses Jualan Online, Smartfren Beri Pelatihan Gratis untuk UMKM

Selasa, 19 November 2024 | 16:42 WIB
header img
Smartfren Community menyelenggarakan pelatihan fotografi produk bagi 70 pelaku UMKM di Surabaya dan Sidoarjo. Foto/Ali Masduki

SURABAYA, iNewsSurabaya.id - Smartfren, melalui program Smartfren Community, menyelenggarakan pelatihan fotografi produk bagi 70 pelaku UMKM di Surabaya dan Sidoarjo. Tujuannya adalah untuk meningkatkan kemampuan digitalisasi UMKM dalam memasarkan produk secara online.

"Melalui pelatihan ini, kami berharap UMKM dapat meningkatkan kualitas foto produk mereka. Dengan foto yang lebih menarik dan profesional, penjualan mereka diharapkan meningkat," kata Hamida Soetadji, Leader Smartfren Community Kota Surabaya, Selasa (19/11/2024). Kegiatan tersebut juga untuk mendukung program pemerintah untuk menaikkan kemampuan digitalisasi UMKM.

Selain pelatihan fotografi produk, Smartfren Community juga memberikan dukungan berupa bantuan modal untuk pengembangan usaha. Hamida menjelaskan bahwa peserta mendapat support hingga Rp2 juta per UMKM. Pihaknya akan memilih lima UMKM terbaik yang konsisten dalam berjualan online.

"Kami berharap event ini dapat berdampak positif bagi UMKM. Mereka posting, kita lihat konsistensinya, karena jualan online harus ada konsistensi," ujarnya.

Dalam pelatihan ini, Smartfren menghadirkan berbagai jenis UMKM, mulai dari kuliner, jasa, hingga kerajinan. Smartfren juga menggandeng JNT untuk urusan pengiriman dan Papermint sebagai pemateri. Dengan pelatihan ini, diharapkan UMKM di Surabaya dan Sidoarjo dapat semakin maju dan berkembang melalui pemanfaatan teknologi digital.

Pelatihan ini berfokus pada teknik fotografi produk yang efektif dan mudah dipraktekkan. Windy Efendy, Editor and Chief, yang menjadi pemateri, mengungkapkan bahwa foto produk yang menarik sangat penting untuk meningkatkan minat pembeli.

“Seringkali UMKM tidak memahami bagaimana mengambil foto produk dari sudut pandang yang menarik. Foto malah tidak fokus pada produk, terlalu jauh, atau sudutnya kurang tepat. Padahal, sebagai konsumen, kita ingin melihat produk dengan jelas,” jelas Windy.

Ia juga mengingatkan pentingnya menampilkan keunikan produk dalam foto. Basic UMKM harus tahu sisi unik produknya. Misalnya, pai harus ditata supaya bagus dan menonjolkan angle yang menarik. 

"Kami ingin membantu mereka membuat produk terlihat bagus, menarik, dan menonjolkan keunikannya, bahkan hanya dengan menggunakan handphone saja,” imbuh Windy.

Selain teknik fotografi, pelatihan ini juga memberikan informasi tentang platform jual beli online dan strategi pemasaran digital. Windy Efendy menambahkan bahwa banyak UMKM sudah mencoba berbagai cara untuk memasarkan produk mereka secara online. 

"Ada yang sudah bagus, tapi ada juga yang masih mau mencoba. Tidak hanya produk makanan, tetapi misal aksesoris juga seringkali hanya dijejer tanpa fokus. Mereka hanya butuh fokus pengambilan produk dan merapikan media sosial mereka," jelasnya.

Editor : Ali Masduki

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut