get app
inews
Aa Read Next : Peringatan Hari Air Sedunia, Dinas PU SDA Jawa Timur Gelar Penanaman Pohon dan Tabur Benih Ikan

Amien Widodo: Selamatkan Air Tanah

Selasa, 22 Maret 2022 | 14:09 WIB
header img
Selama ratusan tahun masyarakat telah menggunakan air tanah atau air sumur . (Foto: Ali Masduki)

SURABAYA, iNews.id - Peneliti dari Pusat Penelitian Mitigasi Kebencanaan dan Perubahan Iklim ITS, Amien Widodo menjelaskan, air tanah adalah air yang terdapat dalam lapisan tanah atau batuan di bawah permukaan. 

Paling tidak ada 2 jenis air tanah, yaitu air tanah dangkal (air sumur) dan air tanah dalam (air tanah artesis). Air tanah tersimpan dalam diantara butiran lapisan batuan dan diantara rekahan batuan.  

Amien Widodo mengatakan, masyarakat sudah akrab dengan air tanah ini. Bahkan selama ratusan tahun telah menggunakan air tanah atau air sumur karena merupakan salah satu sumber air bersih yang banyak dimanfaatkan oleh masyarakat. Penggunaan air sumur pun beragam, mulai dari kebutuhan sanitasi hingga air minum sehari-hari. 

"Dulu kita menggunakan air tanah (air sumur) untuk keperluan sehari-hari, dan kita ikut memelihara lingkungan agar kuantitas air sumur dan kebersihannya terjaga," katanya pada refleksi Hari Air Sedunia, Selasa (22/3).

Selama ini masyarakat mengetahui bahwa air tanah merupakan sumber daya alam yang dapat diperbarui melalui proses siklus air yang sudah diajarkan selama ini. "Artinya ada Kawasan tempat meresapnya air dan ada Kawasan tempat keluarnya air," ucapnya.

Pertumbuhan penduduk akan peningkatan kebutuhan air dan kemajuan industri dan teknologi membutuhkan air lebih banyak lagi. Oleh karena kebutuhan sangat besar dalam waktu singkat, maka teknologi pompa airpun tambah canggih. 

Editor : Ali Masduki

Follow Berita iNews Surabaya di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut