get app
inews
Aa Read Next : Indonesia Berduka, Jejak Sang Penerobos Rizal Ramli Telah Berpulang, Ini Catatan Perjalanan Karirnya

Alumni Al Azhar Ungkap 13 Ketokohan Rizal Ramli

Jum'at, 25 Maret 2022 | 16:13 WIB
header img
Dr Rizal Ramli. (Foto: Dok Pribadi)

SURABAYA, iNews.id - Adalah Dr KH M. Iqbal Kliwo. Alumni Gontor dan Universitas Al Azhar Kairo. Dia mengaku mengagumi sosok Dr Rizal Ramli

Rizal Ramli (RR) disebut memenuhi ciri-ciri khas atau syarat-syarat utama kepemimpinan dalam Islam. Bahkan secara faktual ia menyebut RR adalah tokoh bangsa, hati nurani dan nawa cita Bangsa Indonesia. 

"Doktor Rizal Ramli bukan hanya nyata, tetapi sangat super spesial," ungkap KH Iqbal, Jumat (25/3/2022). 

RR, demikian, dia dipanggil, menurut Dr Iqbal dapat dikatakan sebagai tokoh yang sangat luas dan mendalam. Dia menyebut sosok ekonom senior ini juga terintegrasi dengan segala keperluan mendasar rakyat serta keberlangsungan hidup berbangsa dan bernegara.

Bahkan Dr Iqbal memiliki catatan faktual dalam mengikuti perjalanan hidup dan perjuangan Rizal Ramli. 

Pertama, ketokohan RR merupakan orisinil. Ia terbina, tumbuh dan berkembang sejak masa kanak-kanak, remaja dan mahasiswa. Ketokohan yang lahir secara natural sejak usia sekolah. 

RR adalah S-1 Jurusan Teknik Fisika, Institut Teknologi Bandung dan berhasil menyelesaikan pendidikan Doktor Ekonomi di Boston University. 

Mantan tokoh pergerakan mahasiswa, ahli ekonomi dan politisi Indonesia. Di tingkat internasional, Rizal pernah dipercaya sebagai anggota tim panel penasehat ekonomi Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) bersama beberapa tokoh ekonom dari berbagai negara lainnya.

"Jadi bukan karbitan di tengah jalan," ujarnya. 

Ketokohan ini memiliki empati yang sangat mendalam kepada rakyat dan bangsa. Tidak peduli dengan jabatan jika sudah menyangkut kepentingan rakyat, mau berkorban kedudukan dan turun ke jalan memimpin unjuk rasa. 

Bahkan karena ingin fokus mengabdi pada negara dan bangsa Indonesia, Rizal pernah menolak jabatan internasional sebagai Sekretaris Jenderal (Sekjen) Economic & Social Commission of Asia and Pacific (ESCAP) yang ditawarkan PBB pada November 2013 silam. 

"Ketokohan yang sangat gagah perkasa menghadapi gelombang ujian dalam perjuangan menegakkan keadilan dan kepentingan rakyat," tambahnya. 

RR juga disebut paling banyak memiliki jabatan dan pengalaman dalam pemerintahan. Ia berkali-kali menjadi menteri. Bahkan sebuah catatan keberhasilan ia torehkan kala menjabat sebagai Kepala Badan Urusan Logistik (Bulog), Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, hingga Menteri Keuangan Indonesia pada Kabinet Persatuan Nasional. 

Iqbal menegaskan RR adalah ketokohan yang paling sempurna dalam menguasai permasalahan utama bangsa serta terobosan yang praktis, efisien dan nyata. 

Baik masalah ekonomi, politik, pendidikan, birokrasi, strategi, keadilan, kebhinekaan, kebangsaan, sejarah dan keistimewaan masing masing daerah.

Ketokohan yang memiliki sistim leadership operational capacity yang tangguh sehingga bukan hanya mampu mengawal sistem birokrasi dan mengurangi kasus korupsi tapi bahkan membasmi bakteria yang merusak sistim birokrasi dan menghancurkan kuman-kuman korupsi.

Tak hanya itu saja. Dr Iqbal memandang ketokohan RR sangat rapat dengan umat Islam Indonesia secara keseluruhan dan berimbang. 
Masyarakat Muslim Indonesia dapat dipetakan dalam tiga kelompok besar yang mewakili Nahdatul Ulama, Muhammadiyah dan Gontor, yaitu yang bukan NU dan bukan Muhammadiyah, tetapi Muhammadiyah NU.

"Dr. Rizal Ramli sangat dekat dengan ketiganya, ketika bersama Muhammadiyah, RR adalah Muhammadiyah. Ketika bersama NU, RR diakui sebagai Gus Romli. Ketika dengan Gontor, RR diakui sebagai alumni kehormatan atau keluarga besar Gontor, seperti yang nyatakan oleh pimpinan Gontor KH. Hasan Abdullah Sahal. Ketokohan RR adalah dambaan dan cita-cita para pendiri Gontor dalam usaha mencetak generasi anak bangsa," jelasnya. 

Ketokohan RR sekaligus membuatnya memiliki hubungan yang baik dengan semua pejabat negara (yudikatif, legislatif, eksekutif) baik militer dan sipil, tokoh bangsa, para mantan presiden dan wakil, termasuk dengan tokoh lintas agama, lintas aktivis.

"Ketokohan yang bersih dari virus kasus, korupsi dan wabah jabatan lainnya," tandasnya.

RR mengabdikan hidupnya untuk rakyat dan bangsa, sehingga selalu aktif dalam memberi nasihat, pikiran, teguran, solusi, informasi, edukasi dan kritikan kepada penyelenggara negara, pemerintahan. Baik saat di dalam sistem maupun ketika berada di luar sistem.

Kemudian, lanjut dia, ketokohan RR menpunyai pengalaman luas, kapasitas yang luar biasa, integritas yang tinggi, berkelas dunia. Pernah sebagai penasehat ahli ekonomi PBB bersama pemegang Nobel lainnya, dan penasihat ahli berbagai negara yang membutuhkan.

Ketokohan yang mengetahui permasalahan bangsa Indonesia secara detail dan mempunyai konsep yang matang dan profesional, untuk mengintegrasikan semua kepentingan bangsa dan punya konsep yang jitu untuk memajukan Indonesia dengan pertumbuhan yang tinggi.

"Jika membawa kesemua poin di atas ke dalam literatur Islam, terutama yang terkait dengan objektif agama serta strategi syariah, maka sangat jelas, kesemua ciri ciri ketokohan yang unggul dan utama yang dimiliki oleh DR Rizal Ramli," ujar alumni Universitas Al Azhar tersebut

Editor : Ali Masduki

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut