Kolaborasi Treetan-Pos Indonesia, Perluas Akses Umrah dan Wisata Halal Lewat Digitalisasi Layanan
SURABAYA, iNewsSurabaya.id – Potensi pasar umrah dan wisata halal di Indonesia kian dilirik. Menjawab peluang ini, Treetan, platform digital khusus layanan umrah dan wisata halal, menjalin sinergi strategis dengan PT Pos Indonesia. Kolaborasi ini ditandai dengan kegiatan edukasi dan sosialisasi di Kantor Pos Kebon Rojo, Surabaya, Rabu (9/7/2025), untuk mendorong pemanfaatan layanan digital dalam perjalanan ibadah dan pariwisata berbasis syariah.
Menurut Aan Yugiastomo, CEO PT Treetan Nusantara Network, Surabaya dan Jawa Timur memiliki potensi pasar yang sangat besar. Oleh karena itu, pendekatan langsung ke masyarakat menjadi langkah strategis dalam memperkenalkan kemudahan layanan digital umrah dan wisata halal melalui jaringan PT Pos Indonesia.
“Kami melihat antusiasme masyarakat tinggi. Kerja sama dengan PT Pos Indonesia mempermudah masyarakat untuk mendapatkan layanan umrah yang terpercaya dan terjangkau. Apalagi jaringan Pos menjangkau hingga ke pelosok,” ujarnya.
Kerja sama Treetan dan PT Pos Indonesia telah berlangsung sejak tiga tahun terakhir. Hasil kolaborasi ini telah memberangkatkan puluhan jemaah umrah melalui program berbasis digital. Aan optimistis, angka tersebut akan terus meningkat seiring masifnya edukasi yang dilakukan.
“Setiap tahun sekitar 2 juta masyarakat Indonesia berangkat umrah. Jika Pos Indonesia bisa mengambil 20 persen pasar saja, itu sudah luar biasa. Kami ingin menjangkau sebanyak mungkin masyarakat,” tambahnya.
Inovasi Digital Lewat PosPay Dorong Wisata Halal Berbasis Teknologi
Sebagai bagian dari digitalisasi layanan, PT Pos Indonesia bersama Treetan menghadirkan PosPay, platform digital multifungsi yang memungkinkan masyarakat mengakses pembayaran layanan umrah dan wisata halal secara praktis dan aman.
Melalui PosPay, masyarakat kini tak perlu lagi khawatir dengan proses pendaftaran yang rumit atau keterbatasan akses. Platform ini juga menghadirkan transparansi harga dan jadwal keberangkatan, menjawab kekhawatiran masyarakat soal penipuan biro perjalanan yang marak.
“PosPay dan Treetan dirancang untuk memberikan rasa aman dan nyaman bagi calon jemaah. Kami ingin proses umrah dan wisata halal ini menjadi semakin inklusif,” ujar Aan.
Imanuel Agoeng Noegroho, Executive Vice President PT Pos Indonesia, menegaskan komitmen perusahaan untuk memperluas kerja sama ini. PT Pos Indonesia siap menggerakkan lebih dari 2.400 pegawai di wilayah Jawa Timur, Bali, dan Nusa Tenggara, serta melibatkan 815 kantor cabang sebagai agen layanan umrah dan wisata halal.
“Dengan jaringan kami, masyarakat di daerah terpencil pun bisa mendapatkan akses layanan umrah terpercaya. Kami ingin Pos Indonesia menjadi jembatan spiritual bagi umat muslim Indonesia,” kata Imanuel.
Tak hanya soal kemudahan akses, aspek kepercayaan juga menjadi fokus. Ahmad Fauzan, General Manager Travel Aerohajj—mitra penyelenggara perjalanan umrah Treetan—menjelaskan bahwa semua program keberangkatan sudah memiliki block seat pesawat Garuda Indonesia.
“Jemaah tak perlu khawatir gagal berangkat. Asal dokumen lengkap dan koordinasi lancar, keberangkatan bisa dipastikan,” jelasnya.
Dengan tren digitalisasi yang terus berkembang, kerja sama antara Treetan dan PT Pos Indonesia membuka babak baru dalam industri umrah dan wisata halal. Tak sekadar menjual paket perjalanan, inisiatif ini membangun ekosistem pelayanan ibadah yang transparan, aman, dan terjangkau.
Kehadiran teknologi seperti PosPay diharapkan mampu mendorong inklusivitas layanan syariah, memperkuat peran Indonesia sebagai salah satu negara dengan potensi wisata halal terbesar di dunia.
Editor : Arif Ardliyanto