get app
inews
Aa Read Next : Lembaga Amil Zakat Taman Zakat Raih Predikat Wajar Tanpa Pengecualian

LAZ Taman Zakat Gandeng Ikadi Dukung Program Kaderisasi Dai Muda

Minggu, 10 April 2022 | 22:30 WIB
header img
Lembaga Amil Zakat (LAZ) Taman Zakat menandatangani kerjasama dengan Ikatan Dai Indonesia (Ikadi) Jawa Timur. (Foto: MPI)

SURABAYA, iNews.id - Akhir-akhir ini, muncul banyak pemberitaan tentang tawuran, juga kekerasan dan kejahatan yang dilakukan oleh para remaja. 
Prihatin dengan kondisi itu, Lembaga Amil Zakat (LAZ) Taman Zakat menandatangani kerjasama dengan Ikatan Dai Indonesia (Ikadi) Jawa Timur, untuk program kaderisasi dai. 

Tanda tangan kerjasama itu dilakukan Taman Zakat, bersama 3 LAZ lainnya dengan Ketua Ikadi Jawa Timur Ustadz Dr Ahmad Baihaqi Lc MA pada Minggu (10/4/2022).

Hal itu disampaikan oleh Manajer Taman Zakat Ziyad yang ditemui dalam kegiatan itu. Menurutnya, peran para ustadz atau dai amat sangat penting di masyarakat, khususnya yang hadir di tengah-tengah generasi muda. 

“Di awal Ramadhan malah banyak tawuran, bahkan bersamaan di beberapa kota termasuk di Surabaya. Pelaku klitih di Jogja juga ternyata remaja. Ini kan menyedihkan. Generasi muda kita butuh sentuhan,” ujar Ziyad. 

Menurutnya, menyentuh generasi muda ini harus punya trik dan cara khusus sehingga mereka tertarik dengan berbagai kebaikan. Untuk itulah, ia berharap program yang dikerjasamakan dengan Ikadi ini secara khusus bisa membentuk para dai dan ustadz yang dikhususkan untuk anak muda. 

“Ustadznya harus gaul, bahasanya harus muda banget, program-program yang ditawarkan harus mengakomodir aktualisasi diri generasi muda. Kami tahu di Ikadi ada program seperti itu, membentuk para ustadz dan dai muda,” tegasnya. 

Para remaja saat ini, ia menjelaskan, sebenarnya mudah disentuh dan diajak berbuat baik, tinggal bagaimana cara menyapanya. Ziyad kemudian menambahkan, para dai yang nantinya akan diterjunkan di masyarakat, bertemu langsung dengan para remaja itu.

Tidak hanya punya ilmu keagamaan, namun paham sosiologis dan berbagai ilmu yang lainnya. “Sehingga mereka ini nantinya juga menjadi solusi berbagai permasalahan masyarakat, sebagai pengayom ummat,” harapnya. 

Editor : Ali Masduki

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut