get app
inews
Aa Read Next : Drama Panjang Nathan! Sampai Belanda Kembali ke Qatar Perkuat Indonesia U-23, Shin Tae-yong Gembira

Mengenal Lebih Dekat Sejarah Wisata Coban Jahe di Kaki Gunung Bromo

Minggu, 17 April 2022 | 14:26 WIB
header img
Coban Jahe merupakan salah satu air terjun yang berada di kaki Gunung Bromo, tepatnya berada di Desa Pandansari Lor Kecamatan Jabung Kabupaten Malang

MALANG, iNews.id - Puasa Ramadan tidak harus serius dan berada di rumah, ada baiknya berjalan-jalan untuk menghilangkan penat. Salah satu lokasi yang cukup bagus untuk dijadikan tempat refreshing adalah Ciban Jahe.

Coban Jahe merupakan salah satu air terjun yang berada di kaki Gunung Bromo, tepatnya berada di Desa Pandansari Lor Kecamatan Jabung Kabupaten Malang Jawa Timur. Lokasi ini sangat indah, karena masih terlihat alami dengan udara yang sangat sejuk. Setelah dari sini (Cuban Jahe), pikiran akan lebih fresh dan sejuk. 

Lokasi wisata Coban Jahe ini memiliki cerita menarik, nama Jahe sendiri diambil dari kata 'Pejah' yang dalam bahasa Jawa memiliki arti meninggal. Kata tersebut kemudian diberi imbuhan menjadi Pejahe atau meninggal yang berkaitan dengan kisah perjuangan para pahlawan masa kemerdekaan. 

Dalam catatan sejarah yang beredar, sekitar tahun 1947-1948 sekitar 38 pejuang sedang bersembunyi disekitar kawasan curug. Namun hal tersebut diketahui oleh Belanda, akhirnye mereka dikepung dan tidak bisa bergerak kemana-mana. "Mereka para pejuang dibredel tembakan hingga mereka gugur dan meninggal ditempat itu (Coban Jahe)," ungkap Feri Jhon Petugas Loket sekaligus Guide atau penunjuk jalan. 

Editor : Arif Ardliyanto

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut