Definisi kategori eksportir pendobrak pasar adalah eksportir yang mampu menembus pasar ekspor dengan upaya sendiri meskipun dengan kapasitas relatif terbatas. Definisi kategori eksportir produk jasa adalah eksportir yang memiliki performa ekspor baik dari sisi proses ekspor jasa yang dilakukan, tahapan merintisnya, mengembangkan, dan meningkatkan kualitas.
Sementara definisi kategori platform marketplace digital/e-commerce adalah perusahaan berbadan hukum yang memfasilitasi penjualan untuk ekspor produk Indonesia. Definisi kategori eksportir berkelanjutan adalah eksportir yang memberi perhatian pada lingkungan sosialnya melalui kebijakan perusahaan dalam aspek sumber daya manusia, gender, bahan baku, pengelolaan lingkungan hidup, konsumen, mitra kerja, dan masyarakat sekitar usaha maupun hal lain yang relevan. Selanjutnya, definisi kategori eksportir digital marketing adalah eksportir yang memanfaatkan digital marketing untuk pemasaran produknya secara maksimal.
Definisi kategori eksportir produk inovatif adalah eksportir yang menghasilkan produk dengan inovasi dari sisi produk akhir maupun teknologi yang digunakan, sehingga mampu menghasilkan produk yang menjawab kebutuhan pasar global yang dinamis dan memenuhi kebutuhan konsumen untuk hal-hal praktis.
Selanjutnya, kategori eksportir produk digital adalah eksportir produk digital seperti animasi, gim, program, e-book, aplikasi, dan sejenisnya. Definisi kategori eksportir muda dan perempuan eksportir adalah eksportir yang dilihat dari segi usia dan gender. Terakhir, definisi kategori kepala daerah pendukung ekspor adalah apresiasi untuk kepala daerah yang kebijakannya mendukung ekspor sehingga memberi dukungan penuh pada program peningkatan ekspor Kementerian Perdagangan.
Editor : Arif Ardliyanto