get app
inews
Aa Read Next : Bikin Bangga Sumenep, Ale Hattan Yasar Maulana Jadi Pemenang Utama Duta Budaya Indonesia Tahun 2023

Sebelum Tersangkut Karang, Lambung Kapal Sabuk Nusantara 91 Terdengar Ledakan

Jum'at, 06 Mei 2022 | 05:36 WIB
header img
Proses evakuasi terus dilakukan terhadap penumpang Kapal Sabuk Nusantara 91 dari Pulau Sapeken, Sumenep (Foto : Humas Polres Sumenep)

SUMENEP, iNews.idKapal Sabuk Nusantara 91 kandas di perairan Pulau Sapeken, Sumenep, Jawa Timur, Kamis (5/5/2022). Ratusan penumpang arus balik dari Pelabuhan Sapeken menuju Pelabuhan Kalianget dipastikan selamat. 

Kasi Humas Polres Sumenep, AKP Widiarti, mengungkapkan kapal tersebut mengangkut sejumlah 13 motor dan penumpang sekitar 434 orang. Sesampainya di Teluk Sapatako Pulau Sapeken, lambung kapal dengan 22 Anak Buah Kapal (ABK) terdengar ledakan cukup keras. 

“Terdengar ledakan keras di lambung kapal. Ternyata kapal kandas menabrak karang,” ujar Widi dalam rilis yang diterima wartawan. 

Ia melanjutkan nakhoda dan ABK sudah berusaha memundurkan kapal agar lepas dari karang. Tapi upaya yang dilakukan tidak membuahkan hasil hasil. Terlebih air laut sedang surut. Alhasil, penumpang harus dievakuasi menggunakan perahu milk nelayan untuk kembali ke Pelabuhan Sapeken. 

Usai mendapatkan laporan, Widi menyebut Kapolres Sumenep AKBP Rahman Wijaya menginstruksi jajaran Polsek Sapeken membantu mengevakuasi penumpang. Ia pun bersyukur sebanyak 384 penumpang berhasil dievakuasi dengan selamat. Lalu sebanyak 50 penumpang memilih bertahan di kapal menunggu air laut pasang untuk melanjutkan perjalanan ke Pelabuhan Kalianget. 

Editor : Arif Ardliyanto

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut