get app
inews
Aa Read Next : Kodim 1805 Raja Ampat Gelar Kegiatan Bakti Sosial Donor Darah

Jenderal Dudung Ajak Milenial Jaga Persatuan Bangsa

Minggu, 22 Mei 2022 | 10:52 WIB
header img
KSAD Jenderal TNI Dudung Abdurachman, berswafoto bersama mahasiswa usai memberikan kuliah umum bela negara di Universitas Dr. Soetomo (Unitomo), Surabaya, Sabtu (21/5/2022). (ANTARA FOTO/Rizal Hanafi)

SURABAYA, iNews.id - Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) Jenderal TNI Dudung Abdurachman, mengajak mahasiswa sebagai generasi milineal untuk membangun kebersamaan dalam keberagaman di kehidupan bermasyarakat.

Dudung juga menyinggung masalah perkembangan informasi yang kian pesat di masa sekarang. Bila tak diimbangi dengan literasi yang baik, maka mudah termakan berita bohong dan berakibat konflik.

Hal itu ia kemukakan ketika memberi kuliah umum bela negara bertema "Membangun Kebersamaan Dalam Keberagaman" (Building Togetherness in Diversity) di kampus Kebangsaan dan Kerakyatan Universitas Dr. Soetomo (Unitomo) Surabaya, pada Sabtu (21/5/2022). 

Kegiatan berlangsung di auditorium Ki Mohammad Saleh lantai 5 Gedung F kampus Unitono Jl. Semolowaru Surabaya tersebut diikuti sekitar 200 mahasiswa dan dosen berbagai fakultas.

Dudung menyebut, ada 4 peran yang bisa dimainkan mahasiswa dalam memperkuat persatuan dan kesatuan bangsa di tengah perkembangan pesat teknologi dan informasi yang telah menjadikan dunia seolah tanpa batas dewasa ini. 

Keempat peran itu diantaranya, bahwa mahasiswa sebagai agen perubahan, penjaga nilai, penerus bangsa, dan pengontrol sosial.

Dia berharap, mahasiswa dapat mengambil peran untuk mensosialisasikan nilai-nilai Pancasila kepada masyarakat.

Sebab, mahasiswa merupakan agen perubahan, penerus bangsa dan kontrol sosial dalam menjaga dan mewariskan nilai-nilai yang terkandung dalam Pancasila.

“Kita telah memiliki nilai-nilai pemersatu yaitu Pancasila, sehingga nilai-nilai ini harus betul-betul kita jaga dan lestarikan. Begitu juga, semangat Bhinneka Tunggal Ika yang harus kita kokohkan menjadi kekuatan, sehingga perbedaan justru menjadi pemersatu,” ucapnya.

Editor : Ali Masduki

Follow Berita iNews Surabaya di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut