get app
inews
Aa Read Next : Kisah Mahasiswa Unair Berkesempatan Studi Hingga Aksi Sosial di Inggris

FEB Unair Terjunkan Tim Gali Potensi Ekonomi Warga Sapudi Madura

Sabtu, 28 Mei 2022 | 12:50 WIB
header img
Tim dari FEB dan FKH Unair, mencoba menggali potensi pengembangan ekonomi yang ada di pulau Sapudi. (Foto: iNews.id/Pool)

Permasalahan kedua disampaikan oleh UMKM masyarakat Sepudi, yang mayoritas adalah pembuat kerupuk sukun dan kerupuk ikan. 

Walaupun beberapa produsen kerupuk telah menjualkan produknya hingga ke berbagai daerah, tetapi mereka dalam memproduksi kerupuk masih bersifat manual dan tradisional. 

Selain itu, bahan baku sukun yang musiman membuat ada masa dimana pengusaha kerupuk sukun tidak dapat melakukan produksi. 

Untuk itu, pada hari kedua program ACDH, tim FEB melakukan kegiatan dengan mengenalkan model pemasaran digital untuk memasarkan produk UMKM masyarakat. 

Menurut Dr. Irham Zaki, salah satu tim dari FEB, Kerupuk sukun ini masih sangat jarang ada, terutama di Jawa. Sehingga ptensinya sangat besar untuk lebih diperkenalkan di berbagai daerah. 

"Melalui pemasaran digital dan pengembangan produk dengan packaging yang bagus, dapat memberikan nilai tambah bagi kerupuk," tuturnya.

Selanjutnya, tim FKH melakukan kegiatan dengan melakukan pelatihan pembuatan bank pakan untuk pakan sapi. Bank pakan dimaksudkan untuk menjaga stok makanan untuk sapi ketika musim kemarau datang serta memberikan sosialisasi PMK. 

Dr. Drh. Anam Al Arif menegaskan bawa Sapudi ini termasuk daerah khusus. Tidak ada hewan ruminansia yang masuk dari daerah lain, sehingga plasma nutfah sapi terjaga keasliannya.

"Sehingga InsyaAllah tidak ada sapi sepudi yang terindikasi PMK," tegasnya.

Editor : Ali Masduki

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut