get app
inews
Aa Read Next : Dear Single Parent, Pahami 3 Peran Orang Tua Tunggal dalam Mengasuh Anak

Orang Tua Wajib Tau, Ini 5 Tips Mengatasi Overparenting!

Senin, 30 Mei 2022 | 09:23 WIB
header img
Karakter orang tua dalam overparenting juga cenderung untuk tidak memberikan ruang yang cukup dan semestinya bagi anak. (Foto: Dok Rumah Cikal)

4. Delegasikan Tugas Pada  Anak 

Orang tua dapat memberikan tugas-tugas sederhana kepada anak. Contohnya, anak ditugaskan untuk mencuci piring dan gelas (bisa menggunakan piring atau gelas plastik agar lebih aman bagi anak). Tugas sederhana ini dapat membangun rasa percaya diri anak, sehingga anak merasa bahwa terdapat hal yang bisa ia lakukan secara mandiri.

5. Dengarkan dan Berikan Kepercayaan Pada Anak. 

Orang tua dapat mencoba untuk sering bertanya kepada anak apa yang ia ingin lakukan dan apa yang ia mau. Ini merupakan rangkaian dari menumbuhkan kepercayaan diri dalam diri anak.

“Ketika apa yang anak inginkan tidak sesuai dengan kemauan orangtua, jangan langsung menolak dan coba bicarakan kepada anak mengenai hal negatif dan positifnya. Anak perlu diberikan pertimbangan terhadap pendapatnya agar ia tidak merasa powerless.” ujar Naura. 

Nah, kira-kira sampai poin kelima ini, apakah Papa dan Mama sudah lebih yakin untuk menumbuhkan kepercayaan pada anak, dan menekan pola overparenting? Mari dicoba sama-sama di rumah ya, Papa dan Mama! 

Editor : Ali Masduki

Follow Berita iNews Surabaya di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut