get app
inews
Aa Read Next : Ini yang Dibutuhkan oleh Orang tua Tunggal dalam Mengasuh Anak

Dear Single Parent, Pahami 3 Peran Orang Tua Tunggal dalam Mengasuh Anak

Jum'at, 05 April 2024 | 07:38 WIB
header img
Proses pengasuhan anak seorang diri membutuhkan komitmen, kesabaran, ketegaran, dan dukungan moral. Foto/Rumah Main Cikal

SURABAYA, iNewsSurabaya.id - Single parent atau orang tua tunggal merupakan sebuah hal yang tidak mudah dan dipenuhi dengan tantangan. 

Tak jarang, dalam proses menjalankan peran sebagai orang tua tunggal, masyarakat (yang masih belum memahami seutuhnya akan peran, tanggung jawab dan dukungan yang sebenarnya dibutuhkan oleh orang tua tunggal) pun menyampaikan beragam stigma negatif. 
 
Praktisi Pendidikan Anak Usia Dini dan juga Pendidik Rumah Main Cikal Bandung, Yuliani Dwi Astuti atau yang akrab disapa Uli, menjelaskan bahwa penting bagi masyarakat untuk berpikiran terbuka dalam memahami peran dari orang tua tunggal dan memberikan dukungan alih-alih stigma negatif, karena menjalankan proses pengasuhan anak seorang diri membutuhkan komitmen, kesabaran, ketegaran, dan dukungan moral. 

3 Peran Orang Tua Tunggal dalam Pengasuhan Anak

Uli menuturkan bahwa menjadi ibu tunggal atau ayah tunggal membuat seorang manusia harus membangun komitmen yang luar biasa untuk menghadapi keadaaan dan membesarkan anak-anak. Kekuatan komitmen dan kesabaran adalah dua kunci yang dipegang oleh orang tua tunggal dalam menjalankan perannya. 

“Setiap orang tua pasti ingin anak-anaknya tumbuh dengan pengasuhan dari sosok orang tua yang utuh. Namun, ketika harus dihadapkan dengan keadaan membesarkan anak dalam kondisi sebagai orang tua tunggal, orang tua tunggal pun akan membutuhkan kekuatan dan kesabaran yang lebih untuk mengasuh dan mengasihi anak-anaknya," tuturnya.

Uli pun menjelaskan bahwa cakupan peran orang tua tunggal dalam pengasuhan anak terdiri atas 3 hal, selengkapnya, berikut ini:

1. Memahami Kebutuhan Anak dan Cara Pemenuhannya Berdasarkan Tahap Perkembangannya

Peran pertama yang diampu oleh orang tua tunggal, baik ayah tunggal atau ibu tunggal, adalah mememahami kebutuhan anak dan cara pemenuhannya berdasarkan tahap perkembangannya. 

Bagi Uli, peran ini tentu sangat krusial karena berkaitan dengan kebutuhan dasar anak yang membutuhkan sosok afeksi Ibu (bilamana peran pengasuhan diemban oleh ayah tunggal) dan juga sosok perlindungan dari ayah (bilamana peran pengasuuhan diemban oleh Ibu tunggal). 

“Memahami kebutuhan dan cara pemenuhan kebutuhan anak berdasarkan usia perkembangannya adalah salah satu peran yang harus dijalankan oleh orang tua tunggal. Misalnya di momen saat anak usia balita, sosok ayah tunggal harus dapat memahami peran sosok ibu yang memiliki kemampuan secara nature untuk memberikan anak pemenuhan afeksi yang bersifat penuh kelembutan dan penuh perasaan. Dan untuk anak usia remaja, anak memiliki pemenuhan kebutuhan yang berupa ketegasan untuk memahami hal dan konsekuensinya dari sosok ayah yang tegas dan mampu untuk memipin yang harus diemban oleh ibu tunggal,” jelasnya.

Berdasarkan penjelasan di atas, Uli pun menambahkan menegaskan bahwa peran tersebut tidak mudah, karena masing-masing orang tua tunggal, baik ayah tunggal atau ibu tunggal terkadang memiliki sifat dan pembawaan naturalnya masing-masing. 

Editor : Ali Masduki

Follow Berita iNews Surabaya di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut