get app
inews
Aa Read Next : Senyap dan Mematikan, Inilah Foto-foto Sniper Yontaifib 2 Marinir

Dibalik Gagah dan Hebatnya Prajurit Denjaka

Senin, 30 Mei 2022 | 21:42 WIB
header img
Prajurit Denjaka TNI AL menyusup daerah lawan lewat udara. (Foto: Dispen Puspenerbal)

SURABAYA, iNews.id - TNI Angkatan Laut memiliki satuan elit yang kekuatannya ditakuti lawan. Yakni Detasemen Jalamangkara atau Denjaka.

Satuan gabungan antara personel Kopaska dan Taifib Marinir TNI AL ini merupakan sebuah detasemen penanggulangan teror aspek laut TNI Angkatan Laut. 

Tugas utamanya yaitu membina kemampuan anti-teror, anti-sabotase, serta berbagai operasi klandestin lainnya. Pasukan yang juga disebut hantu laut ini juga jago menyusup daerah musuh lewat udara.

Dibalik gagahnya pasukan elit TNI AL ini, ada salah satu faktor pendukung yang perannya sangat penting. Khususnya saat latihan dan menuju medan tugas. 

Fator pendukung tersebut adalah Skuadron 600 Wing Udara 1 Puspenerbal. Profesionalisme dan kesiapsiagaan Crew Pesud U-6208 menjadi penentu keberhasilan Denjaka saat mengudara dengan payung tempurnya.

Paga tanggal 17-26 Mei 2022 kemarin, ditengah pelaksanaan Operasi Standby Penanggulangan bencana di Jakarta, Skuadron 600 Wing Udara 1 Puspenerbal mengirimkan 1 Unsur Pesud Casa NC 212-200.

Pesud dengan nomor lambung U-6208 yang diawaki oleh Captain Pilot Kapten Laut (P) Indra Permana dan Co-Pilot Lettu Laut (P) Avif Budi Nandriyanto, beserta 4 crew ini mendukung pelaksanaan Latihan Keparaan LSD TW II Denjaka TA. 2022 di Lampung. 

Editor : Ali Masduki

Follow Berita iNews Surabaya di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut