get app
inews
Aa Read Next : Lembaga Survei Indikator Politik Indonesia Sebut, Emil Turut Sumbang Elektoral Khofifah

Pacu Pertumbuhan Ekonomi, Pemprov Jatim Dorong Pengembangan Kawasan Industri

Sabtu, 04 Juni 2022 | 18:51 WIB
header img
Wagub Jatim Emil Elestianto Dardak menghadiri secara langsung silaturahmi dan ramah tamah dengan Himpunan Kawasan Industri (HKI) di Surabaya. (Foto: MPI)

SURABAYA, iNews.id - Wakil Gubernur Jawa Timur (Jatim) Emil Elestianto Dardak mendorong pembangunan sejumlah kawasan industri guna meningkatkan perekonomian Jatim.

Sejumlah kabupaten/kota yang berpotensi menjadi kawasan industri antara lain, Jombang, Nganjuk dan Madiun.  H

al itu disampaikan Emil saat menghadiri secara langsung silaturahmi dan ramah tamah dengan Himpunan Kawasan Industri (HKI) di Surabaya, Jumat (3/6/2022) malam.

Dalam kesempatan tersebut, Emil berharap Pemprov Jatim dapat terus bersinergi dengan kawasan industri untuk membangun perekonomian Jatim.

Terlebih, Jatim sempat mengalami kontraksi ekonomi saat pandemi COVID-19 berlangsung.

"Dengan adanya acara ini, saya berharap agar bersama-sama kita bisa mengakselerasi pertumbuhan ekonomi kita. Mengingat, kawasan industri itu sangat vital untuk bisa menunjang apa upaya-upaya percepatan ekonomi. Terutama karena kita tahu bahwa dua tahun ini cukup sulit," ujarnya.

Menurut Emil, diskusi terkait pertumbuhan ekonomi khususnya pada dunia industri penting dilakukan.

Sebab, manufaktur menyumbang 30 persen dari perekonomian Jatim.

"Jatim ini berkontribusi atas seperenam perekonomian Indonesia. Tapi salah satu persentase terbesar kita ada di manufaktur dengan angka 30 persen. Makanya ini kita jaga agar percepatan perkembangan ekonomi pasca pandemi ini bisa terwujud dengan segera," jelasnya. 

Untuk itu, kata dia, pemerintah saat ini tengah mengusahakan pembangunan infrastruktur seperti jalan tol yang dapat menjadi daya tarik bagi investor. Yang mana, kata Emil, juga berdampak baik bagi perputaran ekonomi. 

"Jadi kawasan-kawasan industri akan kami kembangkan lagi. Terutama di daerah yang sudah punya tol. Seperti Nganjuk dan juga Madiun," katanya.

Lebih jauh, Emil itu juga menerangkan bahwa, pengembangan kawasan industri di wilayah lain di Jatim juga menjadi fokus pemerintah.

Mengingat, pusat industri Jatim terpusat pada 5 daerah ring satu di sekitar Ibu Kota. 

"Sidoarjo, Mojokerto, Gresik, Pasuruan, sama Surabaya itu sendiri itu kan menyumbang setengah dari perekonomian Jawa Timur. Besar sekali dan inilah yang kita sebut sebagai ring satu. Karena sangat terkonsentrasi di daerah-daerah ini saja," tuturnya. 

Ketua DPD Partai Demokrat Jatim itu menambahkan, ke depan kawasan industri akan dikembangkan ke wilayah Pantai Utara (Pantura) Jatim.

Antara lain, Lamongan, Gresik, Babat dan Tuban. Nantinya, pemerinath pusa akan membangun jalan tol di wilayah Pantura.

Proyek tertuang dalam Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 80 Tahun 2019. Perpres tersebut mengatur terkait Percepatan Pembangunan Ekonomi di Kawasan Gresik - Bangkalan - Mojokerto - Surabaya - Sidoarjo - Lamongan.

"Kalau tolnya jadi, Lamongan dan Tuban akan jadi daya tarik untuk industri," tandas Emil.

Editor : Ali Masduki

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut