get app
inews
Aa Read Next : Bupati Sidoarjo Gus Muhdlor Ditetapkan Tersangka, Ternyata Lulusan Unair dan Putra Kiai Sepuh Jatim

Ratusan Mahasiswa Unitomo Mengabdi di Sidoarjo, Bupati Ahmad Muhdlor: Kami Siap!

Minggu, 05 Juni 2022 | 11:03 WIB
header img
Rektor Unitomo Siti Marwiyah dan Bupati Sidoarjo Ahmad Muhdlor Ali, memaikan almamater pada peserta KKN Tematik, di Pendopo Delta Wibawa Sidoarjo. (Foto: Humas Unitomo)

SURABAYA, iNews.id - Sebanyak 251 mahasiswa Universitas Dr. Soetomo (Unitomo) mengabdi di Kabupaten Sidoarjo. Mereka tersebar di kampung-kampung 7 kecamatan yang ada di Sidoarjo. Yakni di kecamatan Waru, Porong, Jabon, Krian, Taman, Tanggulangin, Sedati, dan Sidoarjo. 

Rektor Unitomo Siti Marwiyah mengatakan, keberadaan ratusan mahasiswa di Sidoarjo itu untuk menjalankan program  Kuliah Kerja Nyata (KKN) Tematik Semester Genap Tahun Akademik (T.A.) 2021/2022.

KKN Tematik di Kabupaten Sidoarjo, kata Iyar, sebelumnya telah dirintis oleh Pusat Studi Bencana dan Lingkungan (PSBL) Unitomo sejak tahun 2017 di Desa Bungurasih dengan tema Dasawisma Siaga Bencana.

Kemudian pada tahun 2018 dilanjutkan dengan tema Pasar Tangguh Bencana di Pasar Larangan Sidoarjo. Tahun 2019 tentang Puskesmas Siaga Bencana di Trosobo. 

Sedangkan pada 2020 mengusung tema Pengurangan Risiko Bencana Berbasis Komunitas di Kecamatan Tanggulangin, Selanjutnya 2021 di Sedati dengan tema Desa Wisata Berbasis Mitigasi Bencana. 

"Dan saat ini di lima kecamatan di Sidoarjo dengan tema Sekola/ Madarasah Aman Bencana (SMAB) sesuai dengan Peraturan Kepala (Perka) Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) nomor 4 thn 2012 tentang Sekolah Madrasah Aman Bencana atau SMAB yang lahir saat Prof. Syamsul Maarif menjadi kepala BNPB periode 2008 - 2015," terangnya.

Editor : Ali Masduki

Follow Berita iNews Surabaya di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut