get app
inews
Aa Read Next : Megawati Raih Profesor Kehormatan Ketiga di Uzbekistan, PDI Perjuangan Surabaya Bangga

Hasto Sidang Doktor, PDIP Surabaya: Bukti Relevansi Pemikiran Soekarno terhadap Tantangan Bangsa

Senin, 06 Juni 2022 | 09:14 WIB
header img
Keluarga besar DPC PDI Perjuangan Kota Surabaya turut berbangga atas sidang doktoral Hasto. (Foto: Lukman)

Antusiasme juga ditunjukkan Armuji. “Selamat Pak Sekjen. Lancar semuanya,” ujarnya. “Selamat Pak Sekjen, semoga sidang doktornya berjalan sukses,” papar Whisnu.

Dalam studi doktoralnya, Hasto menulis disertasi berjudul “Diskursus Pemikiran Geopolitik Soekarno dan Relevansinya terhadap Pertahanan Negara”. 

Hasto mengambil tema soal geopolitik Bung Karno karena terinspirasi dari dialog-dialognya dengan Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri.

Adi menyebut sidang promosi doktor Hasto menunjukkan bahwa pemikiran dan tindakan Bung Karno selalu relevan dengan berbagai tantangan zaman. 

Termasuk saat ini di mana situasi geopolitik dunia dalam situasi yang tidak menentu seiring hadirnya perang Rusia melawan Ukraina. 

“Pemikiran Bung Karno yang menggalang Gerakan Non-Blok, memperjuangkan kemerdekaan negara-negara Asia-Afrika menjadi inspirasi bahwa kita harus terus berjuang untuk dunia yang berkeadilan dan bebas dari invasi serta imperialisme. Sampai kapan pun ini relevan, termasuk dalam situasi geopolitik dunia yang memanas saat ini,” ujar Adi yang juga ketua DPRD Surabaya.

Sehingga, lanjut Adi, apa yang diangkat oleh Hasto dalam studi doktoralnya juga mampu memberi perspektif yang luas terhadap makna pertahanan negara, di mana sistem pertahanan harus didesain melibatkan seluruh komponen rakyat Indonesia.

Editor : Ali Masduki

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut