Akan tetapi pemerintah juga memberikan dana hibah dapat dicontohkan yaitu dana hibah penelitian dan pengabdian, dimana para dosen di perguruan tinggi baik negeri dan swasta diberikan kesempatan yang sama untuk melakukan pengusulan proposal hibah dan di sesuaikan dengna klaster perguruan tinggi masing masing. Diharapkan dengan adanya dana hibah tersebut mampu memberikan motivasi dan support anggaran untuk menuju kompetensi SDM PT yang sejahtera. PT di Indonesia sudah banyak yang menjadikan PT nya sebagai PT berbasis reaset hal ini dilakukan salah satunya untuk meningkatkan klaster perguruan tinggi tersebut.
Data Knowledge Economic Index yang dikeluarkan oleh Bank Dunia, Misalnya, Indonesia menempati peringkat 91 (dari 137 Negara) dan termasuk berada pada kelompok Negara yang tidak memperlihatkan kemajuan sejak tahun 1995. Sementara itu, data yang dikeluarkan Global Economic Forum, Indonesia menempati urutan 54 dari 131 negara Dampak globalisasi bersifat multidimensional; hal ini juga terasa dalam bidang pendidikan terutama pendidikan tinggi yang secara langsung berinteraksi dengan komunitas internasional.
Secara spesifik, globalisasi mendorong terjadinya perubahan peran institusi pendidikan tinggi. Peran sebagai institusi pembelajaran tradisional tidak dapat dipertahankan lagi dan perlu diubah menjadi institusi pencipta pengetahuan. Sementara itu, perencanaan yang dibuat secara acak (by accident) harus diubah menjadi perencanaan strategis (by design). Ditinjau dari sudut tantangan maka pendekatan komparatif harus diubah menjadi pendekatan kompetitif.
Pendidikan Tinggi di Indonesia saat ini diselenggarakan oleh lebih dari 4252 PT, yang meliputi Universitas (538), Institut (128), Sekolah Tinggi (2240), Politehnik (241), Akademi (1105). 2 Secara keseluruhan, PT tersebut menampung 4.987.7403. pada tulisan kali ini merujuk dari perkembangan dampak globalisasi bagi PT berbasis agama hal hal apa yang tetap di pertahankan untuk menerapkan glokalisasi yang ada pada PT tersebut.
Editor : Arif Ardliyanto