Cara Mengasah Aspek Perkembangan Sosial Emosional Anak dan Remaja Berkebutuhan Khusus

Ali Masduki
Orang tua kadang banyak melakukan pengawasan dan pembatasan akan hal-hal yang ingin dicoba oleh anak. (Foto: Ali Masduki)

2. Pengelolaan Diri

Menurut Indri, dalam pengelolaan diri, setiap anak akan dapat dilihat kemampuan meregulasi emosi dan perilaku, kemampuan menunda keinginan, mengelola stres, mengendalikan dorongan impulsif, mengatasi tantangan untuk meraih tujuan pribadi dan pendidikan.

3. Kesadaran Sosial

Dalam komponen ini, kemampuan memahami, dan memiliki empati menjadi salah satu cakupan yang dapat dilihat dalam diri anak. 

“Anak dalam hal ini dapat memahami, berempati, kepekaan terhadap perbedaan budaya dan latar belakang; pemahaman norma sosial di konteks keluarga, sekolah, dan komunitas.” tambahnya. 

4. Keterampilan Sosial

Komponen ke-4 yang disebutkan oleh Psikolog anak dan remaja ini adalah mengenai keterampilan sosial yang tujuan akhirnya dapat mengasah kemampuan anak mengatasi tekanan sosial di sekitarnya. 

“Beberapa sub komponen dalam poin ini antara lain komunikasi dengan jelas; mendengarkan aktif; bekerja sama; mengatasi tekanan sosial; mengatasi konflik secara konstruktif; mencari bantuan ketika diperlukan. Semua ini dilakukan untuk mengatasi tekanan sosial,"  ucapnya. 

Editor : Ali Masduki

Halaman Selanjutnya
Halaman : 1 2 3 4 5

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network