Cara Mengasah Aspek Perkembangan Sosial Emosional Anak dan Remaja Berkebutuhan Khusus

Ali Masduki
Orang tua kadang banyak melakukan pengawasan dan pembatasan akan hal-hal yang ingin dicoba oleh anak. (Foto: Ali Masduki)

Apabila orang tua telah memahami dua cara dengan baik dan berupaya untuk memenuhi kebutuhan tersebut untuk pengembangan diri anak tentu manfaat dari pengembangan aspek sosial emosional akan terpenuhi. 

“Manfaat perkembangan sosial emosional yang dapat dicapai antara lain, sikap yang positif terhadap diri, orang lain, dan tugas-tugas akademik sehingga memiliki efikasi diri, rasa percaya diri, ketekunan, empati, komitmen bersekolah dan mengarahkan pada tujuan, memiliki perilaku positif dan relasi positif terhadap orang lain dan orang dewasa, mengurangi masalah perilaku dan perilaku berisiko, mengurangi stres emosional, dan tentunya dapat meningkatkan prestasi akademik dan kehadiran,” tutupnya.

 Sudah memahami dengan baik komponen dan cara mengasah perkembangan sosial-emosional anak dan remaja, termasuk anak-anak berkebutuhan khusus? Yuk, coba untuk mengenali dengan baik pengembangan aspek sosial-emosional anak secara berkala.



Editor : Ali Masduki

Sebelumnya
Halaman : 1 2 3 4 5

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network