Anak Berkebutuhan Khusus Belajar Memilah Sampah di Kampung Edukasi Sampah

Arif Ardliyanto
Puluhan Anak Berkebutuhan Khusus Belajar Memilah Sampah di Kampung Edukasi Sampah Sidoarjo. Foto iNewsSurabaya/ist

SIDOARJO, iNewsSurabaya.id - Puluhan anak berkebutuhan khusus dari PKBM Lentera Fajar Indonesia menghadirkan kesan yang luar biasa pada Sabtu, 16 Desember 2023. Mereka aktif terlibat dalam pembelajaran inklusif dan luar kelas di Kampung Edukasi Sampah.

Mengintegrasikan anak berkebutuhan khusus dalam kegiatan luar kelas bertema pengelolaan sampah merupakan tantangan, namun hal tersebut berhasil dilaksanakan dengan dukungan penuh dari guru, orang tua, dan komunitas sekitar. 

Retno Mulyo, koordinator kader lingkungan, menjelaskan bahwa pembelajaran dilakukan di luar kelas untuk menciptakan suasana yang aktif, kondusif, kreatif, dan menyenangkan.

Retno menekankan bahwa materi yang diberikan kepada anak-anak istimewa tersebut sama dengan peserta umum, namun disesuaikan dengan penekanan pada pemilahan dan pengolahan sampah. 

"Dalam praktiknya, anak-anak diajarkan memilah sampah sesuai jenisnya serta mengolah sampah organik dengan berbagai metode, sambil memanfaatkan sampah anorganik sebagai bahan kerajinan yang memberikan nilai ekonomis," katanya.

Editor : Arif Ardliyanto

Halaman Selanjutnya
Halaman : 1 2

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network