Cara Mengasah Aspek Perkembangan Sosial Emosional Anak dan Remaja Berkebutuhan Khusus

Ali Masduki
Orang tua kadang banyak melakukan pengawasan dan pembatasan akan hal-hal yang ingin dicoba oleh anak. (Foto: Ali Masduki)

5. Pengambilan Keputusan

Komponen terakhir yang menjadi salah satu komponen yang penting dalam pengembangan aspek sosial-emosional anak dan remaja, termasuk bagi anak-anak berkebutuhan khusus antara lain pengambilan keputusan. 

“Komponen ini tentunya mencakup pemahaman norma dan aturan; pemahaman terhadap rasa aman; kesadaran terhadap keselamatan dan kesehatan diri dan orang lain; evaluasi beragam perilaku dengan berbagai konsekuensi,” tukasnya. 

Dua Cara Mengukur Pengembangan 5 Komponen Aspek Sosial-Emosional Anak dan Remaja

Dalam memahami dan melihat penerapannya kelima komponen ini, orang tua tentu tidak dapat menyamaratakan ukuran keberhasilan atau pencapaian yang dimiliki oleh anak dilihat dari kelima komponen di atas. 

Menurut Indri, terdapat dua cara yang dapat dilakukan oleh orang tua dalam hal ini, antara lain sebagai berikut:

1. Tanyakan Apa Tantangan yang Tengah Dihadapi 

Untuk cara nomor satu, orang tua harus lebih peka terlebih dahulu memetakan tantangan pada umumnya yang dihadapi oleh anak di beberapa fase tumbuh kembang yang berbeda, baik di tingkat Prasekolah, TK, SD, SMP, mau pun SMA. 

Tantangan tugas perkembangan tentu berbeda-beda. Apabila Prasekolah misalnya, tantangannya tentu terletak pada kelekatan dengan orang tua, bagaimana mengekspresikan diri, dan kemudian baru kontrol diri dan kepatuhan. 

"Lalu, apabila Sekolah Dasar (SD) tentu sudah lebih meningkat lagi tantangannya, mencakup penyesuaian terhadap sekolah, penguasaan keterampilan akademik, sosialisasi dengan teman sebaya, dan mengikuti aturan kemasyarakatan,” jelas Indri. 

Editor : Ali Masduki

Halaman Selanjutnya
Halaman : 1 2 3 4 5

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network