SURABAYA, iNews.id – Dalam rangka Road to iFortepreneur 4.0 tahun 2022, iForte mengadakan sharing session dengan mengambil tema UKM Bangkit dan Melaju Lewat Digitalisasi.
Kegiatan sharing session ini diikuti oleh peserta dari berbagai industri dan diadakan secara offline di Hotel Doubletree by Hilton, Surabaya, dengan berkolaborasi bersama APIKMI dan menghadirkan narasumber Nilamsari Sahadewa dan Donny Wahono Annur.
Acara sharing session dibuka oleh Widia Erlangga sebagai perwakilkan APIKMI. Dalam sambutannya, Widya menjelaskan bahwa pemahaman yang perlu diubah bahwa UKM sudah masuk ke era digital jika sudah berjualan di marketplace, padahal ada banyak sekali inovasi bisnis yang bisa dilakukan lewat metode digitalisasi.
"Inilah yang menjadi tantangan UKM khususnya yang masih dikelola oleh generasi pertama," kata Widia, Rabu (27/07/2022).
Praktisi Digital Marketing Global sekaligus co-founder UKM Mendunia Foundation, Donny Wahono Annur.
Sedangkan Donny Wahono Annur, seorang praktisi Digital Marketing Global sekaligus co-founder UKM Mendunia Foundation membahas tentang salah satu keuntungan yang didapat dengan digitalisasi bagi UKM.
Seiring perkembangan jaman, digitalisasi bukan lagi merupakan hal yang sulit karena internet lebih mudah diakses. Sehingga dapat membuka kesempatan pasar yang lebih luas termasuk kesempatan ekspor dan UKM menjadi mendunia, tidak hanya berhasil di pasar lokal.
"Untuk memenangkan pasar ekspor di era 4.0, UKM dituntut untuk memiliki produk unggulan, riset mendalam mengenai data negara tujuan ekspor serta mempersiapkan amunisi penjualan dalam bentuk digital selling dan logistic system," ujar Donny.
Editor : Ali Masduki
Artikel Terkait