Ecoton Tanam Ratusan Bibit Pohon di Kawasan Suaka Ikan Kali Surabaya

Ali Masduki
Penanaman pohon di Kawasan Suaka Ikan kali Surabaya. Foto: iNewsSurabaya.id/Pool

 

GRESIK, iNews.id - Yayasan Kajian Ekologi dan Konservasi Lahan Basah (Ecoton Foundation) menanam 300 lebih bibit pohon buah di kawasan Suaka Ikan Kali Surabaya, Desa Wringinanom, Kecamatan Wringinanom, Kabupaten Gresik, Jawa Timur, Sabtu (13/8/2022).

Kegiatan yang dilakukan bersama Camat Wringinanom, Pemerintah Desa Wringinanom, Komunitas Wanita Peduli Lingkungan, puluhan Pelajar dari SMPI Tanwirul Afkar Krian Sidoarjo, SD Muhammadiyah 1 Wringinanom, SMKN 1 Driyorejo dan mahasiswa Universitas Negeri Malang tersebut untuk memerdekakan sungai jelang HUT RI.

Ratusan bibit seperti pohon rambutan, nangka, manga dan sukun didatangkan dari kawasan hutan Wonosalam untuk ditanam oleh sekitar 50 lebih pegiat lingkungan di Kawasan Suaka Ikan kali Surabaya.

Direktur Ecoton Daru Setyorini mengatakan, kegiatan menanam ratusan pohon ini untuk memulihkan kembali fungsi bantaran sungai di kawasan Suaka Ikan Kali Surabaya, sebagai kawasan alami yang menjadi ekosisitem hidup burung dan biota yang ada di Kali Surabaya.

“Kegiatan tanam pohon ini bermanfaat untuk menjaga Kawasan Suaka Ikan Kali Surabaya agar tetap hijau dan kedepannya. Kawasan Suaka Ikan Kali Surabaya akan dijadikan taman bantaran dan juga rumah literasi yang akan bermanfaat untuk tempat dan sarana belajar citizen science," terangnya.

Sesuai rencana, tanam pohon ini akan di perluas hingga kawasan bantaran Kali Surabaya segmen Driyorejo hingga Gunungsari Surabaya.
 

Editor : Ali Masduki

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network