Tahun Baru Islam 1444 H Jadi Momentum Berharga Bagi Prajurit Brigif 2 Marinir

Ali Masduki
Letkol Laut (KH) Enjang Juaeni S.Ag menyampaikan ceramah. Foto: iNewsSurabaya.id/Dispen Kormar

SIDOARJO, iNews.id - Tahun Baru Islam 1444 H menjadi momentum berharga bagi prajurit Brigade Infanteri 2 Marinir (Brigif 2 Marinir).

Seluruh prajurit mulai dari Kima Brigif 2 Marinir, Yonif 1 Marinir, Yonif 3 Marinir dan Pegawai Negeri Sipil (PNS) Brigif 2 Marinir, berkumpul di Masjid Jannatin Kesatrian Marinir R. Suhadi Gedangan, Sidoarjo, Jawa Timur, Rabu (24/8/2022). 

Mereka dengan sangat khusyuk, mendengarkan ceramah Letkol Laut (KH) Enjang Juaeni S.Ag. Ceramah tersebut mengangkat tema “Momentum Memaknai Hidup Dengan Semangat Hijrah”.

Dalam ceramahnya, Letkol Laut (KH) Enjang Juaeni, menyampaikan sejarah yang melatarbelakangi ditetapkannya Tahun Baru Islam.  Yaitu dimulai saat hijrahnya Nabi Muhammad SAW dari Mekah menuju Madinah.

Selain itu, juga dijelaskan tujuan dari peringatan Tahun Baru Islam. Antara lain dalam rangka Syiar Islam, untuk membiasakan umat Islam akan pentingnya Tahun Baru Islam dan sebagai momentum umat Islam dalam mengevaluasi diri selama hidup di dunia, melalui ajaran ayat-ayat suci Al Quran dan Hadis Nabi Muhammad SAW serta bagaimana cara memaknai pengertian hijrah.

“Dalam konteks kekinian, pengertian hijrah bukan lagi suatu perjalanan atau perpindahan dari satu tempat ke tempat lain, namun hijrah itu bagaimana kita berpindah menuju kehidupan yang sesuai dengan ajaran Islam," tuturnya.

Editor : Ali Masduki

Halaman Selanjutnya
Halaman : 1 2

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network