Gandeng Komunitas Open Source Indonesia, Diskominfo Jatim Gelar Bimtek Pengolahan Big Data

Lukman
Bimtek Big Data bertajuk Big Data (Data Science) 31 Agustus sampai 1 September 2022 di Surabaya. Foto: MPI/Lukman

SURABAYA, iNews.id - Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Jawa Timur (Jatim) menggelar Pelatihan (Bimtek) Big Data, bertajuk Big Data (Data Science) 31 Agustus sampai 1 September 2022 di Surabaya.

Pelatihan ini diikuti lebih dari 60 peserta yakni para Pengolah Data Teknis dari Organisasi Perangkat Daerah OPD) di Lingkungan Provinsi Jatim. Bimtek kali ini menghadirkan Founder Yayasan Komunitas Open Source Indonesia Arief Rama Syarif.

Kepala Diskominfo Jatim, Hudiyono mengatakan, Pemprov Jatim terus berupaya menguatkan ekosistem digital dan satu data, seperti 348 paket aplikasi untuk keterbukaan dan percepatan pelayanan informasi hingga pemberian Sata Award. 

“Hal-hal tersebut adalah bagian dari proses pembangunan Big Data di Jatim dari aspek ekosistem dan kultur,” ujar Hudiyono, Kamis (1/9/2022).

Hudiyono menambahkan, pelatihan untuk memberi penguatan Sumber Daya Manusia (SDM) di tengah percepatan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK). 

Transformasi digital, kata dia, menjadi kebutuhan mendesak. Maka, Diskominfo Jatim menginisiasi agar OPD khususnya para pengolah data teknis agar segera terlibat dalam ekosistemnya. 

"Sehingga, pelayanan kepada masyarakat semakin lebih baik, lebih cepat, dan lebih efisien," imbuhnya.

Sementara itu, Founder Yayasan Komunitas Open Source Indonesia Arief Rama Syarif mengajak para peserta membuka diri terhadap manfaat big data. 

Mengolah kumpulan data super besar dan kompleks terutama yang berasal dari data baru, tak bisa lagi menggunakan cara manual dan tradisional.

"Memahami pengolahan big data hari ini, sangat membantu mengetahui dan mengatasi masalah di semua bidang, dalam hal ini pelayanan publik. Big data mampu memprediksi dan menganalisis penyebab suatu masalah yang terjadi pada sistem, bahkan meminimalisir kegagalan,” ujar Arief.

Selanjutnya, Arief yang didampingi para anak didiknya dari Data Squad Academy (DSA), membagikan ilmu dan cara bagaimana mengambil semua source data dan kemudian mengolahnya tanpa codding. 

Para peserta langsung praktek cara mengolah data, belajar mencari solusi dari opsi-opsi hasil data yang diolah.

Editor : Ali Masduki

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network