Bandit Spesialis Bobol Pintu Mobil Lintas Kota Dibekuk Resmob Polrestabes Surabaya

Firman Rachmanudin
Pelaku diringkus di parkiran mall Royal plaza Surabaya, Surabaya sekitar pukul 15.00 wib, Minggu (15/1/2023). Foto/Satreskrim Polrestabes Surabaya

SURABAYA, iNewsSurabaya.id - Aksi Bandit pembobol pintu mobil yang meresahkan akhirnya terhenti ditangan unit Resmob Satreskrim Polrestabes Surabaya. Pelaku menyasar mobil di parkiran mall yang dinilai aman untuk beraksi.

Bukan hanya di Surabaya, Pelaku bernama Koirul Jumali (50) Jalan Kenongosari, Kelurahan Pepelegi, Kecamatan Waru, Sidoarjo itu tercatat telah beraksi di 12 tempat kerja perkara di parkiran mall yang berada di kota Surabaya dan Sidoarjo.

Pria yang kesehariannya bekerja sebagai sopir serabutan itu, ditangkap Unit Resmob yang dipimpin Kanit AKP Zainul Abidin.

Ia diringkus di parkiran mall Royal plaza Surabaya, Surabaya sekitar pukul 15.00 wib, Minggu (15/1/2023).

Kasat Reskrim Polrestabes Surabaya AKBP Mirzal Maulana menjelaskan pelaku berhasil ditangkap ketika pihaknya mendapatkan 3 kali laporan dari pengelola mall Royal Plaza, atas adanya pengunjung yang kehilangan barang berharganya dari dalam mobilnya yang saat itu terparkir di mall tersebut.

Berbekal laporan tersebut tim opsnal resmob melakukan olah TKP mengumpulkan bukti-bukti serta menganalisa CCTV.

Kemudian pada sekitar pukul 11.30 wib Minggu (15/1/2023) Tim opsnal Resmob kembali mendapatkan informasi bahwa pelaku kembali masuk ke dalam parkiran mall Royal Plaza Surabaya, lagi diduga untuk melancarakan aksi serupa.

"Selanjutnya setelah dilakukan pembuntutan kemudian sekitar pukul 15.00 WIB, KJ berhasil diamankan di parkiran mall Royal Plaza Surabaya. Dan saat ini pelaku beserta barang bukti hasil curiannya dibawa ke unit resmob satreskrim Polrestabes Surabaya untuk dilakukan penyidikan lebih lanjut," bebernya.

Perwira dua melati di pundak ini menambahkan, saat beraksi pelaku bersama salah satu temannya berinisial AGW yang saat ini sedang dalam pengejaran.

"Pelaku KJ merupakan residivis pemalsuan surat tahun 2013 lalu. Dan ketika beraksi dia sebagai eksekutor, pencongkel pintu mobil. Sedangkan temannya AGW (DPO) terkadang berperan sebagai joki/driver mobil, dan yang menjual barang hasil kejahatan," ungkapnya.

Mirzal mengatakan, ketika beraksi mereka bermodus berkeliling menggunakan sarana mobil kijang Innova yang telah dilengkapi dengan plat nomor palsu untuk mencari sasaran. Mobil tersebut juga disewa oleh para pelaku.

"Setelah mendapatkan sasaran, kemudian mereka memarkirkan mobilnya bersampingan dengan target mobil yang didalamnya terdapat barang yang ditinggal oleh pemiliknya. Kemudian mereka merusak pintu mobil dengan menggunkan kunci T apabila alarm tidak berbunyi maka mereka segera bergegas mengambil barang-barang yang ada di dalam mobil tersebut kemudian kabur keluar parkiran," urainya.

Selain menangkap pelaku, Polisi juga berhasil menyita puluhan barang bukti baik yang digunakan untuk sarana dan barang yang berhasil dicurinya.

Barang Bukti tersebut diantaranya 1 Unit Mobil kijang Innova, 3 buah plat nopol palsu, 1 Set kunci Leter T, Beberapa tas hasil curian dari beberapa TKP.

Barang bukti itu merupakan sarana yang biasanya digunakan pelaku saat beraksi.

"Sedangkan hasil barang curian yang berhasil kita sista diantaranya 1 unit Laptop merk Lenovo warna silver, 2 karton cat rambut dan sebuah ponsel Samsung," pungkasnya.

Editor : Ali Masduki

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network