SURABAYA, iNewsSurabaya.id - Gojek terus mendidik dan melatih mitra drivernya. Mereka di sekolahkan di Bengkel Belajar Mitra (BBM). Sebuah wadah pelatihan dan pengembangan diri yang dilaksanakan rutin oleh Gojek sejak 2018.
Kegiatan Bengkel Belajar Mitra (BBM) yang akan berlangsung di beberapa kota tersebut bertujuan mempertahankan kualitas mitra driver, sebagai kunci Gojek unggul dalam layanan transportasi online Indonesia.
Tak tanggung-tanggung, pelatihan yang fokus pada topik “service excellence” atau pelayanan prima, Gojek kembali menggandeng Worldwide Quality Assurance (WQA). Yakni lembaga internasional yang selama ini fokus melatih perusahaan-perusahaan nasional di berbagai industri untuk hadirkan layanan yang berkualitas kelas dunia.
Kehadiran WQA dalam pelatihan BBM jadi bentuk komitmen Gojek untuk terus menjadikan mitra driver sebagai andalan konsumen di Indonesia dengan kualitas dan perilaku terbaik di Industri.
Adapun materi pelayanan prima yang disampaikan juga mengacu kepada Tata Tertib Gojek (Tartibjek) bagi mitra driver, termasuk di antaranya cara bersikap/berbicara yang sopan kepada pelanggan, serta cara berperilaku untuk memastikan kenyamanan pelanggan selama perjalanan.
Selain paparan teori, penyampaian materi juga dilakukan dengan metode roleplay agar lebih menarik dan mudah dimengerti oleh para mitra.
Vice President Gojek East Java, Bali, Nusra, Jeffry Johanes mengatakan Bengkel Belajar Mitra (BBM) adalah salah satu dari rangkaian kegiatan terintegrasi dan berkelanjutan untuk terus meningkatkan kualitas pelayanan mitra driver agar semakin menjadi andalan pelanggan dan terbaik di industri.
Setelah sempat mengalihkan pelatihan tatap muka BBM ke versi online melalui fitur Tips Pintar selama pandemi, tahun ini BBM akan kembali hadir di kota-kota besar di Indonesia dengan menargetkan partisipasi ribuan mitra driver andalan masyarakat.
"Kami percaya dengan kualitas layanan yang prima, layanan Gojek tetap jadi pilihan pelanggan,” katanya disela kegiatan Bengkel Belajar Mitra (BBM) di Surabaya, Kamis (26/1/2023).
Selain pelatihan tatap muka melalui BBM, Gojek juga terus menyediakan pelatihan berbasis online yang dapat diakses kapanpun dan dimanapun melalui fitur Tips Pintar di aplikasi mitra driver.
Tingginya antusiasme mitra driver dibuktikan dengan ragam modul Tips Pintar yang telah diakses sebanyak lebih dari 14 juta kali oleh hampir 1 juta mitra driver.
Jeffry menambahkan, bahwa BBM dan Tips Pintar adalah bagian dari tiga pilar inisiatif Gojek dalam menjadikan mitra driver paling andal dan punya kualitas serta perilaku terbaik dalam memberikan layanan kepada pelanggan.
Adapun ketiga pilar tersebut terdiri dari Pilar Pembelajaran dan Pengembangan (BBM dan Tips Pintar), Pilar Keterlibatan Mitra Driver dan Pelanggan (Forum Kopdar dan Kolom Komentar Pelanggan di Aplikasi), dan Pilar Apresiasi (Driver Jempolan)
“Selain memberikan pelatihan, penting bagi kami untuk terus melibatkan masukan para mitra driver dan pelanggan untuk mengetahui apa yang butuh dilatih dan diperbaiki," tuturnya.
Di samping itu, lanjut Jeffry, apresiasi harus diberikan kepada mereka yang berhak mendapatkannya untuk menghargai serta memotivasi mitra untuk terus memberikan layanan terbaik bagi pelanggan.
"Bengkel Belajar Mitra juga menjadi satu sesi yang kami hadirkan agar mitra bisa memiliki pola pikir untuk terus memberikan kualitas layanan yang prima bahkan lebih dari yang kami sampaikan,” kata dia.
Perlu diketahui, penelitian dari Institute for Development of Economics and Finance (INDEF) menemukan bahwa Gojek telah menjadi layanan transportasi online yang paling banyak digunakan masyarakat Indonesia .
Keunggulan ini menurut INDEF, dilandasi oleh keamanan berkendara dari mitra driver Gojek sehingga memberikan rasa aman bagi pengguna layanan transportasi online yang menjadi prioritas dari para pengguna layanan transportasi online.
Hal ini tidak lepas dari ragam pelatihan yang disediakan oleh Gojek, salah satunya pelatihan Bengkel Belajar Mitra (BBM) yang secara konsisten telah diadakan sejak 2018.
Sebelumnya, BBM telah memberikan pelatihan yang dapat menunjang operasional para mitra dalam melayani pelanggan seperti pelatihan P3K, perawatan kendaraan, anti kekerasan seksual, keselamatan berkendara, bahasa inggris, hingga wirausaha dan pengelolaan keuangan.
Pada September 2022 kemarin, pelatihan BBM juga diselenggarakan untuk mempersiapkan ratusan mitra driver motor listrik yang menjadi armada resmi Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20.
Editor : Ali Masduki
Artikel Terkait