Pendongeng Nasional Berbagi Tip Berkisah Menarik pada Kader Pergunu Sumenep

Rahmatullah
Pendongeng Nasional Berbagi turun ke daerah dan membagi Tip Berkisah Menarik pada Kader Pergunu Sumenep. Foto iNewsSurabaya/rahmatullah

SUMENEP, iNewsSurabaya.id - Pendongeng berlevel nasional, Avan Fathurrahman, berbagi tip berkisah menarik dalam kegiatan 'Temu Kangen Kak Avan' yang diselenggarakan Pimpinan Anak Cabang (PAC) Persatuan Guru Nadlatul Ulama (Pergunu) Kecamatan Pragaan, Kabupaten Sumenep, yang diletakkan di aula kantor MWC NU Pragaan, Sumenep, Jawa Timur, Sabtu sore (18/3/2023). Hal itu merupakan kegiatan lanjutan dari diklat mendongeng yang diselenggarakan beberapa waktu lalu. 

Dalam kesempatan tersebut, Avan mengatakan butuh proses untuk menjadi pendongeng handal. Berlatih secara berkesinambungan wajib dilakukan oleh calon pendongeng, terlebih yang dijadikan sarana mengajar. Oleh sebab itu, kesabaran dalam berlatih mesti dijadikan pegangan. 

"Salah satunya adalah menirukan suara binatang, itu harus terus dilakukan. Ditertawakan pada awalnya itu biasa. Sebab untuk menirukan satu jenis binatang saja butuh latihan kontinu," ujar Avan saat memaparkan materi. 

Dalam mendongeng, Avan menyebut selalu ada tantangan, salah satunya anak-anak yang mendengarkan tidak fokus. Bisa saja satu anak menjadi penyebab tidak fokusnya anak yang lain dalam menyimak dongeng, seperti bergurau atau justru mengajak bermain anak lainnya. 

"Mengapa ada anak tidak fokus? Bisa jadi karena kita bukan menjadi pusat perhatian mereka. Sebab itu, kita harus friendly dengan mereka. Salah satu caranya yaitu membuat kesepakatan dengan mereka sebelum dongeng dimulai," jelasnya. 

Editor : Arif Ardliyanto

Halaman Selanjutnya
Halaman : 1 2

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network